Bupati Ditetapkan Tersangka, Pemda Bandung Barat Tak Bisa Siapkan Bantuan Hukum

Aan haryono, Koran SI · Senin 05 April 2021 19:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 05 525 2389809 bupati-ditetapkan-tersangka-pemda-bandung-barat-tak-bisa-siapkan-bantuan-hukum-lHlQRX688L.jpg Ilustrasi (Dokumentasi Okezone)

BANDUNG BARAT - Pemda Kabupaten Bandung Barat (KBB) tidak memiliki kewenangan untuk menyiapkan bantuan hukum terkait persoalan yang tengah menderat Bupati Aa Umbara Sutisna.

Kepala Bagian Hukum Setda KBB, Asep Sudiro menjelaskan, untuk kasus tindak pidana dimana saat ini Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna telah ditetapkan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di luar kewenangan pihaknya.

"Kalau untuk meyiapkan bantuan hukum kasus tindak pidana tidak ada dalam tufoksi kami. Kami hanya bisa melakukan itu untuk pengadilan tata usaha negara dan persoalan perdata seperti soal aset daerah," terangnya, Senin (5/4/2021).

Pihaknya tidak bisa berperan sebagai lawyer (pengacara), perannya terbatas. Namun pihaknya bisa membantu dalam hal memfasilitasi penyediaan pengacara untuk mendampingi. Itu juga jika ada permintaan dari yang bersangkutan atau pihak keluarga.

"Kewenangan kami kan terbatas bukan dalam kapasitas sebagai pengacara, jadi wait and see dulu. Lagi pula ini kan prosesnya masih jauh," sambungnya.

Menurutnya, proses ini baru penetapan tersangka dan akan diuji lagi di pengadilan. Sehingga masih mengedepankan asas praduga tak bersalah. Terlebih jika melihat pasal, kasusnya bukan korupsi seutuhnya, sehingga masyarakat tetap harus objektif melihat kasus ini karena masih berproses.

"Ya kan belum ada keputusan tetap berdasarkan hasil persidangan di pengadilan (inkrah). Jadi tetap harus mengusung asa praduga tak bersalah," pungkasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini