Bandara Sultan Thaha Jambi Mulai Berlakukan Penggunaan GeNose C19 Hari Ini

Azhari Sultan, Okezone · Senin 12 April 2021 17:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 12 340 2393423 bandara-sultan-thaha-jambi-mulai-berlakukan-penggunaan-genose-c19-hari-ini-yaL3YO2Dtc.jpg Foto: Azhari Sultan

JAMBI - Bandara Sultan Thaha Jambi mulai memberlakukan penggunaan GeNose C19 ke setiap penumpang pesawat, hari ini, Senin (12/4/2021).

Exekutif Manager Bandara Sultan Thaha Jambi Indra Gunawan menjelaskan, hal ini sebagai bentuk keseriusan bandara dalam memastikan kesiapan implementasi GeNose C19, agar dapat berjalan dengan aman dan lancar bagi calon penumpang. 

Pelaksanaannya melibatkan anak usaha PT Angkasa Pura Solusi (APS) yang bekerja sama dengan Farmalab sebagai pihak bertanggungjawab terhadap operasional GeNose C19 di lapangan. 

"Untuk saat ini, kami telah menyiapkan 3 bilik pemeriksaan dan masing-masing bilik disiapkan peralatan dan petugas yang terampil agar dapat memberikan pelayanan yang maksimal," ujarnya, Senin (12/4/2021). 

Dia menambahkan, implementasi GeNose C19 di Bandara Sultan Thaha akan diberlakukan sejak Senin 12 April ini mulai pukul 07.00 sampai 17.00 WIB.

"Pada tahap awal ini, kita siapkan untuk 200 hingga 500 calon penumpang pesawat udara setiap harinya," ujar Indra.

Bagi calon penumpang yang akan melakukan perjalanan, lanjutnya, perlu memahami beberapa ketentuan dalam penggunaan GeNose C19 ini.

Baca juga: Sandiaga Uno: Penggunaan GeNose di Bandara Bali Bangkitkan Peluang Ekonomi

"Di antaranya, hasil dari pengecekan GeNose C19 hanya berlaku untuk 1 kali rangkaian perjalanan, pengetesan dilakukan di selasar keberangkatan Bandara Sultan Thaha," tutur Indra.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi Varial Adhi Putra sangat mengapresiasi penggunaan GeNose C19 di Bandara Sultan Thaha Jambi.

"Ini salah satu alternatif bagi masyarakat dalam berpergian menggunakan pesawat udara, karena bisa mendeteksi dini penyebaran Covid-19 di Jambi," ungkapya.

Dengan adanya GeNose C19 di Jambi, katanya, maka saat ini tidak hanya menggunakan PCR Antigen tapi sudah bisa menggunakan GeNose C19. 

Baca juga: Penumpang Positif Corona Hasil GeNose Capai 100 Orang Per Hari di Bandara Juanda

"Ini adalah hasil karya anak bangsa dan harus kita manfaatkan. Kita berharap pergerakan orang akan terjaga. Rencananya kedepan setiap pintu masuk ke provinsi Jambi akan kita gunakan GeNose C19," harap Varial.

Untuk diketahui, sebelum penumpang melakukan perjalanan udara, calon penumpang hadir minimal 3 jam sebelum jam keberangkatan dan wajib menerapkan protokol kesehatan (menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak).

Selanjutnya, mereka melakukan pengisian form antrean dibagi menjadi dua jalur, yaitu bagi pengguna smartphone android dapat mendownload aplikasi Farmalab di Google Play Store dan dapat melakukan pembayaran melalui virtual acount/cash.

Dan bagi calon penumpang yang tidak membawa smartphone Android atau pengguna IOS akan dibantu oleh petugas Farmalab di lapangan untuk pengisian manual dengan melampirkan KTP dan melakukan pembayaran secara Cash 

Berikutnya, calon penumpang akan dipanggil dan diarahkan sesuai nomor antrean. Kemudian calon penumpang memasuki bilik dan melakukan penghembusan napas sesuai arahan dari petugas.

Nantinya, hasil pemeriksaan akan langsung masuk ke dalam aplikasi untuk kemudian di print oleh petugas. 

Bagi calon penumpang yang dinyatakan negative dapat melanjutkan perjalanan. Sedangkan kepada calon penumpang dalam melakukan pengetesan kiranya 30 menit sebelum pengetesan tidak diperkenankan untuk merokok, makan, minum (kecuali air putih) 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini