Arus Mudik Pekerja Migran Indonesia Melalui Bandara Juanda Terus Mengalir

Pramono Putra, iNews · Minggu 18 April 2021 16:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 18 519 2396708 arus-mudik-pekerja-migran-indonesia-melalui-bandara-juanda-terus-mengalir-5zZ2lebcwA.jpg Foto: MNC Portal/Pramono Putra.

SURABAYA - Adanya aturan pemerintah terkait larangan mudik lebaran membuat sebagian besar pekerja migran indonesia yang bekerja di luar negeri memilih mudik lebaran lebih awal. Kondisi ini tampak dari terus mengalirnya arus mudik pekerja migran yang datang melalui Bandara Internasional Juanda Surabaya di hari keenam Ramadhan ini.

Ratusan pekerja migran yang rata-rata datang dari Malaysia tampak berdatangan di Bandara Juanda mereka wajib melakukan rapid tes antigen sebelum meninggalkan bandara untuk menuju ke kampung halamannya.

BACA JUGA: Anak Disabilitas Bakar Kasur hingga Membakar 3 Kontrakan

inilah suasana arus mudik pekerja migran Indonesia asal sejumlah daerah di Jawa Timur di terminal 2 Bandara Internasional Juanda Surabaya seiring kedatangan sejumlah pesawat dari luar negeri arus pekerja migran Indonesia yang mudik lebaran lebih awal tampak terus mengalir

Meski lebaran masih beberapa pekan lagi namun sejumlah pekerja migran yang rata-rata bekerja di Malaysia ini memilih mudik lebaran lebih awal selain bisa berkumpul dengan keluarga di kampung halaman lebih lama. Mereka sengaja mudik lebih awal untuk menghindari adanya larangan mudik oleh pemerintah serta sulitnya mengurus birokrasi penerbangan saat menjelang lebaran.

Saat tiba di bandara ratusan pekerja imigran yang datang melalui Bandara Internasional Juanda Surabaya ini tidak bisa langsung pulang ke kampung halamannya. Mereka harus menjalani proses pendataan ketat dan pemeriksaan rapid tes antigen sebagai antisipasi penyebaran virus Covid-19.

BACA JUGA: Aksi Damkar Kuningan Selamatkan Anak Kucing Terjebak di Saluran Pembuangan Air

Namun, ratusan pekerja migran Indonesia yang baru datang dari luar negeri ini tidak menjalani karantina seperti yang diusulkan oleh satgas Covid nasional dari bandara. Mereka diizinkan pulang setelah menjalani pemeriksaan rapid tes antigen tanpa harus menjalani karantina.

Sejumlah pekerja imigran indonesia yang mudik lebaran lebih awal mengaku tidak tahu kapan mereka akan balik bekerja ke luar negeri karena kondisi pandemi Covid yang masih terjadi hingga kini. Tercatat ada lebih dari 150 orang pekerja migran Indonesia tiba di Bandara Juanda untuk satu pesawat yang datang dari luar negeri.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini