Gunung Es Terbesar di Dunia Meleleh Jadi Jutaan Kepingan

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 19 April 2021 11:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 19 18 2397009 gunung-es-terbesar-di-dunia-meleleh-jadi-jutaan-kepingan-AN9gQIzL5P.jpg Foto: Reuters.

KETIKA gunung es A68 memisahkan diri dari Antartika pada 2017, ukurannya lebih dari 6.000 meter persegi.

Para ilmuwan melacak pergerakan gunung es itu dari luar angkasa, memantaunya bergerak perlahan ke utara. Pada satu titik, A68 berada di jalur tabrakan langsung dengan pulau Antartika Georgia Selatan, mengancam populasi penguin dan anjing laut yang besar.

BACA JUGA: Gunung Es Terbesar di Dunia Berpotensi Tabrak Wilayah Inggris

"Itu berlangsung selama bertahun-tahun sementara itu (A68) saat bergerak, tetapi akhirnya terpecah menjadi empat, lima bagian dan kemudian pecah lagi," kata Adrian Luckman dari Universitas Swansea kepada BBC.

Satelit menunjukkan bahwa gunung es raksasa itu sekarang benar-benar telah hilang, pecah menjadi pecahan kecil yang tak terhitung jumlahnya, yang menurut Pusat Es Nasional Amerika Serikat (USNIC), tidak lagi layak untuk dilacak.

“Tetapi titik akhir dari beberapa fragmen ini cukup menarik karena dalam semalam mereka terfragmentasi menjadi jutaan keping kecil.”

BACA JUGA: NASA Temukan Gunung Es Sepanjang 1,6 Km di Kutub Utara

Ukuran A68 menjadikannya fokus perhatian media global, tetapi pemisahannya adalah bagian dari proses alami lapisan es yang dinamis, dan tidak dipandang sebagai contoh dampak perubahan iklim karena ulah manusia. Meski begitu, A68 memang menunjukkan jenis proses pemanasan yang dapat menghancurkan struktur es.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini