Vaksin Merah Putih Ditargetkan Bisa Digunakan Tahun Depan

Aan Haryono (Koran Sindo), Koran SI · Senin 19 April 2021 18:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 19 519 2397321 vaksin-merah-putih-ditargetkan-bisa-digunakan-tahun-depan-NAePI80VId.jpg Rektor Universitas Airlangga Mohammad Nasih (Foto: Aan Haryono)

SURABAYA - Kabar vaksin Merah Putih mulai menemui titik terang. Sempat menjalani proses yang panjang dan tahapan yang melelahkan, vaksin karya anak bangsa ini mendapatkan lampu hijau untuk digunakan tahun depan.

Rektor Universitas Airlangga Mohammad Nasih menargetkan vaksin Merah Putih ditargetkan bisa digunakan sekitar 10 hingga 11 bulan lagi. Hal itu mengingat tahap praklinis dari vaksin Covid-19 itu  bukanlah tahap yang sederhana dan sebentar.

“Jadi proses ini masih panjang agar efektivitas vaksin bisa benar-benar maksimal,” kata Nasih, Senin (19/4/2021).

Koordinator Produk Riset Covid-19 Ni Nyoman Tri Puspaningsih mengatakan, perjalanan riset vaksin Merah Putih Unair merupakan perjalanan panjang dengan tim besar.

Ada tiga platform yang dikembangkan selama ini untuk terus diuji. Termasuk juga mengumpulkan kandidat vaksin yang memiliki delapan platform lainnya. Unair sendiri mengambil tiga, yakni classical dan next generation.

Baca juga: Kemenristek Dilebur ke Kemendikbud, Bagaimana Nasib Vaksin Merah Putih?

“Semuanya berjalan untuk mendapatkan bagian protein virus yang merupakan elemen antigen dan disuntikkan untuk tubuh kita dan mendapatkan antibodi,” katanya.

Ia melanjutkan, dari tiga platform itu ada satu yang sudah jalan sampai uji praklinik. Sehingga bisa dipercepat dengan platfrom yang lain tetap terus berjalan. Karena pihaknya tidak tahu ke depannya, jadi tetap dijalankan terus.

“Jadi yang inactivited (yang sudah jalan, red) ini tidak sembarangan. Meski sering digunakan, atau virus dimatikan juga tidak mudah. Dalam melakukan hal ini, perlu terobosan teknologi. Dan Alhamdulillah berhasil dengan banyak sampel dari RSUD dr. Soetomo, RSUA, dan LPT,” ungkapnya.

Baca juga: Vaksin Nusantara Sudah Uji Klinis, Apa Kabar Vaksin Merah Putih?

Saat ini, katanya, tahapan panjang dari laboratorium, uji praklinik ini juga butuh waktu yang panjang serta masuk dalam ranah industri. Semua tahapan itu dilalui dengan arahan dari BPOM dan Kemenkes. “Ini tahapan yang sudah kita lalui dalam setahun ini. Mudah-mudahan semua proses bisa berjalan dengan baik,” sambungnya.

Ia menambahkan, terkait efektivitas vaksin terhadap variasi baru Covid-19, desain vaksin sudah disiapkan untuk menyikapi varian baru yang muncul dari berbagai negara. Munculnya varian baru di tempat lain, sudah diantisipasi oleh tim peneliti. “Stren kita sudah siapkan agar evikasi vaksin tinggi dan bisa antisipasi dengan varian baru. Mohon doanya semoga preklinik memberikan hasil yang bagus,” tutur dia.

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini