Lumba-Lumba Ditemukan Tersesat Masuk ke Empang Warga

Herman Amiruddin, Okezone · Kamis 29 April 2021 23:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 29 609 2403093 lumba-lumba-ditemukan-tersesat-masuk-ke-empang-warga-pg7nmG01Z1.jpg Lumba-lumba masuk empang warga (Foto: Herman Amiruddin)

MAKASSAR - Seekor lumba-lumba ditemukan di dalam empang milik warga di Desa Mara, Kecamatan Lau, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Diduga lumba-lumba tersebut nyasar dari kelompoknya. Lumba-lumba sepanjang 2 meter itu kini masih berada di dalam empang milik warga.

Baca Juga:  Viral, Lumba-lumba Terdampar di Pengairan Sawah Luwu Sulsel Jadi Tontonan Warga

Anggota Damkar Maros, Ikhwanul mengatakan, saat lumba-lumba itu ditemukan luka lecet di bagian kepala akibat tergores oleh akar pohon baka.

"Kondisi lumba-lumba ini mengalami luka lecet di bagian kepala akibat tergores oleh akar pohon bakau," kata Ikhwanul kepada MNC Portal Indonesia, Kamis (29/4/2021).

Ikhwanul menjelaskan, diduga hewan jenis mamalia yang berasal dari laut ini tersesat dari kelompoknya. "Diduga tersesat lumba-lumba ini saat melintasi di jalur sungai muara," lanjutnya.

Penemuan lumba-lumba sepanjang 2 meter ini diduga masuk melalui saluran irigasi yang jaraknya sejauh 5 Km dari bibir pantai. Warga juga sempat memberikan makan kepada lumba-lumba agar tidak stress.

"Warga sudah ada kasih makanan," kata Abdul Haris, pemilik empang

Baca Juga:  Viral Lumba-lumba Nyasar ke Sungai, Hebohkan Warga Aceh

Rencananya pihak BKSDA Sulawesi Selatan bersama Damkar Maros akan melakukan proses evakuasi pada Jumat pagi.

"Besok, rencana mengingat kendala evakuasi pihak damkar ini lantaran tidak memiliki perahu untuk mengevakuasi lumba-lumba tersebut ke laut," lanjutnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini