Share

Ribuan Ikan di Kawasan Wisata Cemara Mati Secara Misterius

Haryanto, iNews · Rabu 05 Mei 2021 18:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 05 340 2406136 ribuan-ikan-di-kawasan-wisata-cemara-mati-secara-misterius-5t2XAAm4It.jpg Ribuan ikan mati di kawasan wisata Cemara (Foto: Haryanto)

PANGKALPINANG - Ribuan ikan berbagai jenis yang hidup di kolam alami, di kawasan Wisata Pantai Cemara, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mati secara misterius. Belum diketahui penyebab matinya ikan tersebut, namun diduga akibat tercemarnya air di lokasi itu.

Pihak pengelola, baru menyadari jika ikan - ikan tersebut mati, pagi Rabu (5/5/2021) pagi tadi. Sebagian ikan masih nampak hidup, namun dalam keadaan mabuk.

"Dari pagi tadi ikannya sebagian mati, sebagiannya lagi kayak mabuk begitu. Ada udang dan belut juga," kata, pengelola Pantai Wisata Cemara, Yuda Pratama.

Baca Juga:  Ribuan Ikan di Kali Ancol Mati Diduga Disebabkan Hal Ini

Namun, dirinya tidak bisa memastikan penyebab matinya ikan tersebut. Untuk itu dirinya berharap ada tindakan dari pihak terkait, agar persoalan tersebut dapat ditanggulangi segera.

"Kurang tahu penyebabnya apa. Harapan kami ada dari Dinas Lingkungan Hidup yang mengeceknya," ujar Yuda.

Ia menuturkan, ikan - ikan yang mati tersebut berjenis ikan kitang, libab, udang dan belut. Hewan air itu hidup di lokasi tersebut, karena merupakan habitatnya. Sementara kejadian semacam ini baru pertama kali mereka alami.

"Kejadian seperti ini dari informasi masyarakat pernah terjadi, cuma agak juah dari lokasi kita ini," ucapnya.

Baca Juga:  Ribuan Ikan Mati di Kali Ancol, Bau Busuk Menyengat Ganggu Aktivitas Warga

Yuda mengatakan, di lokasi wisata yang sedang mereka kembangkan itu, memang berdampingan langsung dengan aktivitas tambak udang dan pertambangan timah.

"Perbatasan lokasi kita ini ada tambak udang dan tambang. Kalau tambak itu, aliran air pembungan atau apa kita kurang tahu juga, tapi memang agak dekat dengan kita," katanya.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini