Menteri Keuangan Qatar Ditangkap Terkait Dugaan Korupsi dan Penyalahgunaan Kekuasaan

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 07 Mei 2021 14:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 07 18 2407160 menteri-keuangan-qatar-ditangkap-terkait-dugaan-korupsi-dan-penyalahgunaan-kekuasaan-3g0xpKKe8H.jpg Menteri Keuangan Qatar Ali Sharif Al Emadi. (Foto: Reuters)

DOHA - Jaksa Agung Qatar Ali Bin Fetais Al-Marri pada Kamis (6/5/2021) memerintahkan penangkapan Menteri Keuangan negara itu Ali Sharif Al-Emadi atas tuduhan penyalahgunaan uang publik dan penyalahgunaan kekuasaan.

Organisasi media pemerintah Qatar News Agency (QNA) mengonfirmasi bahwa pejabat keuangan itu telah ditahan dan dinyatakan menghadapi tuduhan penggelapan, penyalahgunaan kekuasaan, dan kejahatan yang terkait dengan sektor publik.

BACA JUGA: Arab Saudi Akan Buka Kembali Kedutaan di Qatar

"Jaksa Agung memerintahkan penangkapan Menteri Keuangan Ali Sharif Al-Emadi untuk menyelidiki apa yang disebutkan dalam laporan kejahatan yang terkait dengan praktik jabatan publik," kata pernyataan tersebut kepada QNA.

Sementara kejaksaan mengonfirmasi penyelidikan sedang berlangsung, tidak ada informasi yang dirilis yang menyatakan di mana Al-Emadi ditahan atau kapan dia diharapkan hadir di pengadilan.

BACA JUGA: Penyiar Al Jazeera Tuduh Putra Mahkota Saudi dan UEA Palsukan Foto Telanjangnya

Al-Emadi sebelumnya bekerja sebagai kepala eksekutif Bank Sentral Qatar sebelum dia diangkat menjadi menteri keuangan Qatar pada Juni 2013 setelah Sheik Tamim bin Hamad Al Thani mengambil alih sebagai Emir Qatar.

Sementara korupsi telah melanda beberapa negara di Timur Tengah, Qatar telah digolongkan sebagai salah satu negara paling korup di kawasan. Dalam indeks persepsi korupsi 2020, Transparency International memberi Qatar skor 63 dari 100, menempatkannya sebagai negara paling korup ke-30 dari daftar keseluruhan 180.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini