Kapolda NTB Pastikan Tutup Mal yang Langgar Protokol Kesehatan

Puteranegara Batubara, Okezone · Sabtu 08 Mei 2021 22:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 08 340 2407831 kapolda-ntb-pastikan-tutup-mal-yang-langgar-protokol-kesehatan-GxX8F5MaJ2.jpg Kapolda NTB meninjau pusat perbelanjaan terkait penerapan protokol kesehatan (Foto : Istimewa)

JAKARTA - Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) Irjen Mohammad Iqbal menekankan tak pandang bulu untuk bersikap tegas kepada seluruh pihak yang melanggar protokol kesehatan (prokes) penanganan pandemi Covid-19 atau virus corona.

Saat melakukan pengecekan pengamanan dengan Forkompinda setempat di pusat perbelanjaan, Iqbal menegaskan bahwa, Mall yang melanggar prokes misalnya melebihi kapasitas 50 persen akan langsung ditutup.

Kapolda NTB Irjen Pol. Mohammad Iqbal, saat meninjau langsung suasana dan kondisi di Lombok Epicentrum Mall mengungkapkan, pihaknya bersama jajaran Forkopimda NTB telah berkoordinasi dengan seluruh pemilik pusat perbelanjaan, dalam pengetatan penerapan protokol kesehatan (prokes).

“Kami sudah duduk bareng dengan para pengelola mal, ada beberapa aturan-aturan yang sudah mereka lakukan, yang pertama memastikan bahwa 50 persen dari kapasitas harus terpenuhi. Maksudnya, apabila lebih dari 50 persen ini akan ditutup, baik pintu, pintu parkir, pintu masuk pusat perbelanjaan, termasuk Mall Epicentrum,” kata Iqbal dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (8/5/2021).

Selain itu, kata Iqbal, dalam melakukan pendisiplinan prokes di semua pusat perbelanjaan dan titik keramaian, satuan tugas (satgas) akan secara kontinyu melakukan pendisiplinan dan imbauan.

“Apabila ada yang tidak menggunakan masker, satgas akan berkeliling di sini baik itu pemprov, pihak pengelola mall maupun dari Polda dan Korem serta stakeholder keliling. Semua satgas di semua pusat perbelanjaan membagikan masker dan melakukan imbauan,” ujar eks Kadiv Humas Polri itu.

Iqbal menjelaskan, untuk memastikan penerapan prokes selama perayaan Hari Raya Idul Fitri tahun ini, ada 38 Pos Pam di wilayah NTB.

“Ada 38 pos pengamanan, pelayanan, dan pos terpadu. Lima pos pengamanan, 13 pos pelayanan, dan satu terpadu,” tutur Iqbal.

Kapolda NTB meninjau pusat perbelanjaan pastikan penerapan protokol keseahtan (Foto : Istimewa)

Baca Juga : Sidak Tempat Perbelanjaan, Wakil Walkot Bogor Ingin Pastikan Penerapan Prokes

Untuk diketahui, rombongan Forkopimda NTB yang melakukan pengecekan Pos Pam Ketupat Rinjani 2021, berangkat sekitar pukul 16.21 Wita dari depan Pendopo Gubernur NTB menuju Pos Pam Karang Jangkong Kota Mataram.

Tiba di Pos Pam Karang Jangkong, rombongan mendapat pemaparan dari Kapospam Karang Jangkong, terkait situasi pengamanan di pusat-pusat perbelanjaan seperti Mataram Mall, Ruby Departemen Store, dan lain-lain.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini