Pasien Covid-19 Ini Tetap Beribadah Sholat Ied dengan Alat Bantu Pernapasan

Ali Masduki, Koran SI · Kamis 13 Mei 2021 10:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 13 519 2409771 pasien-covid-19-ini-tetap-beribadah-sholat-ied-dengan-alat-bantu-pernapasan-iOEGHRQtIu.jpg Seorang pasien Covid-19 Sholat Ied pakai alat bantu pernapasan (Foto: Ali Masduki)

SURABAYA - Sholat adalah tiang agama. Sabda Rasulullah SAW itu tergambar jelas dari pasien Covid-19 di Rumah Sakit Lapangan (RSL) Kogabwilhan II Jl Indrapura, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (13/5/2021).

Dengan segala keterbatasannya, pria yang menggunakan batik dan sarung itu tampak khusuk dalam melaksanakan ibadah Sholat Idul Fitri 1442 Hijriah meskipun harus dibantu dengan alat pernafasan.

Dia berdiri di barisan saf paling belakang agar memudahkan para tenaga kesehatan (nakes) dalam memantau aktivitas ibadahnya.

Pasein Covid-19 itu mendapat perhatian lebih dari nakes lantaran kondisinya belum pulih namun tetap beribadah Sholat Ied. Pelaksanaan ibadah Sholat Ied di RSL Indrapura, Surabaya itu berjalan lancar.

Baca juga: Jamaah Sholat Ied di Bojonegoro Membludak, Satgas Covid-19 Kewalahan

Sebelumnya, penanggung jawab RSL Kogabwilhan II, Laksamana Pertama TNI dr I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara mengatakan, tujuan digelarnya Sholat Ied di RS Lapangan ini sebagai upaya dukungan moril dan untuk mewadahi kebutuhan pasien, karena sebagian besar beragama Islam.

Baca juga: Toleransi Beragama di Bali, Umat Kristiani Geser Waktu Peringatan Isa Almasih Demi Sholat Ied

"Dengan demikian maka aspek psikososialnya bisa kita dapatkan. Sehingga semuanya bisa lebih enjoy, kita tidak menyelesaikan medisnya saja tapi masalah non medisnya juga kita dapatkan," katanya.

Dia berharap, pelaksanaan Sholet Ied ini bisa mengobati kerinduan para Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang memang tujuan utama pulang ke Indonesia adalah untuk merayakan lebaran.

Hingga saat ini RSDL merawat sekitar 66 orang pasien dan 30 orang di antaranya merupakan PMI.

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini