Kabur dari Lapas 4 Tahun Lalu, Napi Ditangkap saat Bersantai di Teras

Azhari Sultan, Okezone · Jum'at 21 Mei 2021 00:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 20 340 2413206 kabur-dari-lapas-4-tahun-lalu-napi-ditangkap-saat-bersantai-di-teras-02Rd1bo1MS.jpg Napi yang kabur 4 tahun lalu ditangkap kembali. (Azhari Sultan)

JAMBI - Seorang narapidana (napi) Angga Saputra alias Acong (32) kabur dari Lapas Kelas II A Jambi 4 tahun silam. Napi itu ditangkap kembali saat tengah bersantai di teras rumah.

Dia ditangkap tanpa perlawanan saat asik duduk di teras rumahnya oleh tim Tekab Rang Kayo Hitam, Satreskrim Polresta Jambi di kawasan Jalan Bunga, Kelurahan Murni, Kecamatan Danau Sipin, Kota Jambi pada Kamis (20/5/2021) dini hari.

Kapolresta Jambi, Kombes Dover Christian mengatakan, Acong merupakan napi dengan kasus narkotika. Dia divonis Pengadilan Negeri (PN) Jambi dengan pidana penjara 5 tahun 6 bulan pada 2016.

"Acong ini kabur pada tahun 2017, saat dinding pembatas Lapas Klas II A Jambi roboh, lantaran diterpa hujan deras," ucapnya, Kamis (20/5/2021).

Kapolresta menjelaskan, selama masa pelariannya Acong lari ke Kabupaten Muara Bungo.

"Di sana, napi ini sempat bekerja di PTPN VI, Desa Tani Jaya, Kabupaten Muara Bungo selama 3 tahun lebih," tutur Dover.

Terungkapnya napi kabur ini, berawal dari tim Tekab Rang Kayo Hitam Polresta Jambi, mendapatkan informasi mengenai keberadaan Acong (AS) yang kembali ke rumah keluarganya sebelum Hari Raya Idul Fitri lalu.

Selanjutnya, tim melakukan penyelidikan dan mendapatkan informasi kalau napi tersebut sedang berada di rumah keluarganya.

"Napi Acong ini, kita gerebek saat duduk di depan rumah keluarganya, dengan menggunakan baju biru, celana pendek, dan bertopi," imbuhnya.

Baca Juga : Dua Hari Kabur Dari Lapas, Napi Kasus Pembunuhan saat Memanjat Bukit

Dalam penangkapan tersebut, sambungnya, tidak ada perlawanan. "Tim langsung mengamankan napi tersebut dan membawanya ke kantor Satreskrim Polresta Jambi untuk proses lebih lanjut, kata Dover.

Untuk proses hukum berikutnya, Acong akan dikembalikan ke Lapas Kelas II A Jambi untuk melanjutkan sisa masa hukumannya.

Sementara itu, Kasubsi Keamanan Lapas Klas II A Jambi, Delen menjelaskan, pada 2017 lalu saat dinding pembatas lapas kelas II Jambi rubuh sebanyak 40 orang napi melarikan diri.

"Saat ini tinggal 8 orang yang belum didapatkan. Pasca kejadian ada yang menyerahkan diri juga," ucapnya.

Pihaknya pun sangat berterima kasih ke Polresta Jambi yang berhasil menangkap napi yang melarikan diri.

"Kami dari pihak Lapas Klas II A Jambi, apresiasi sekali Pak Kapolresta dan Tim Tekab Rang Kayo hitam Jambi yang telah bersinergi," tuturnya. 

Baca Juga : Polisi Ungkap Penipuan dari Dalam Lapas di Deli Serdang, Warga Rugi Rp25 Juta

Saat ini, Acong baru menjalani hukumannya selama 1 tahun 6 bulan, dan masih akan menjalani sisa hukuman selama 4 tahun lagi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini