Arab Saudi Berlakukan Aturan Ketat, Ini Syarat yang Harus Dipenuhi Jamaah Haji 2021

Rahman Asmardika, Okezone · Minggu 23 Mei 2021 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 23 18 2414355 arab-saudi-berlakukan-aturan-ketat-ini-syarat-yang-harus-dipenuhi-jamaah-haji-2021-qinMKS7gqx.jpg Ilustrasi.

RIYADH - Arab Saudi telah mengumumkan akan mengizinkan jemaah haji dalam jumlah terbatas pada 2021 meskipun ada krisis COVID-19. Kerajaan itu pada Sabtu (22/5/2021) telah mengonfirmasi akan menerima jamaah haji asing dengan rincian mengenai standar kesehatan dan protokol pencegahan COVID-19.

Untuk tahun ini, Arab Saudi akan menerima 60.000 jamaah untuk menjalankan ibadah haji. Jumlah itu termasuk jamaan haji lokal dan asing.

BACA JUGA: Arab Saudi Izinkan Haji untuk 60.000 Jamaah, Sebagian dari Luar Negeri

Jumlah itu jauh lebih tinggi dari tahun lalu, saat Kerajaan melarang jamaah dari luar negeri dan hanya mengizinkan sejumlah warga dan penduduk Saudi untuk menjalankan haji.

Menurut kementerian, keputusan menerima jamaah yang lebih besar, termasuk dari luar negeri itu disadarkan pada "keinginan negara untuk memungkinkan para tamu dan pengunjung Masjidil Haram dan Masjid Nabawi untuk melakukan ritual haji dan umrah."

Sebelum munculnya COVID, dan jarak sosial yang diberlakukan secara global, sekitar 2,5 juta jamaah biasa mengunjungi situs-situs suci Islam di Mekah dan Madinah untuk haji selama seminggu, dan umrah yang lebih rendah sepanjang tahun.

BACA JUGA: Alhamdulillah, Arab Saudi Izinkan Jamaah Luar Negeri Beribadah Haji

Dalam pernyataannya, Kementerian Kesehatan Saudi memberikan syarat berikut untuk haji 2021:

1.Hanya 60.000 jamaah haji akan dijadwalkan untuk menunaikan haji tahun ini yang mencakup jamaah lokal dan asing.

2. Jamaah yang menunaikan ibadah haji harus berusia antara 18-60 tahun.

3. Para jamaah yang melakukan haji harus dalam keadaan sehat.

4. Mereka yang menunaikan Haji tidak boleh dirawat di rumah sakit karena sakit apa pun dalam 6 bulan terakhir sebelum melakukan perjalanan haji.

5. Para jamaah haji harus mendapatkan kedua dosis vaksin dengan kartu Vaksinasi yang disediakan oleh masing-masing negara Organisasi Kesehatan / Rumah Sakit / Kementerian. (Bukti Diperlukan)

6.Vaksin yang diambil harus dari daftar yang disetujui yang diakui oleh Kementerian Kesehatan di Kerajaan Arab Saudi. Kementerian Kesehatan Arab Saudi merekomendasikan vaksin Covid-19 Pfizer, Oxford, Moderna, dan Johnson dan Johnson.

7. Jamaah harus menjalani karantina selama 3 hari jika digolongkan sebagai jemaah haji asing segera setelah tiba di Kerajaan Arab Saudi.

8.Dosis pertama vaksin WAJIB sudah diminum pada 1 Syawal 1442 H, atau pada 13 Mei 2021, yang merupakan Hari Raya Idul Fitri.

9.Dosis kedua vaksin harus didapatkan pada hari ke-14 sebelum tiba di Kerajaan Arab Saudi.

10. Kondisi Jarak Sosial dan pemakaian masker serta tindakan pencegahan lainnya akan terus dilakukan untuk melindungi jamaah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini