Share

PSU Pilgub Jambi, Polri Kerahkan 8 Personel Jaga Setiap TPS

Felldy Utama, iNews · Kamis 27 Mei 2021 02:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 27 340 2415947 psu-pilgub-jambi-polri-kerahkan-8-personel-jaga-setiap-tps-Paw6W229vr.jpg Ilustrasi Polri (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kapolda Jambi Irjen Rachmad Wibowo memastikan instansinya akan mengamankan jalannya pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) Pemilihan Gubernur Jambi  2020, yang rencananya akan digelar Kamis (27/5/2021). Salah satu pengamanan yang akan diterapkan dengan menempatkan 8 anggotanya di setiap tempat pemungutan suara (TPS) yang menggelar pelaksanaan PSU.

Kasubdit Politik Dit Intelkam Polda Jambi, AKBP Safi'i Bagus Santoso menyampaikan langkah-langkah yang dilakukan Polda Jambi untuk mengantisipasi terjadinya gangguan Keamanan dan ketertiban masyarakat sebelum saat dan pasca PSU. Salah satunya adalah perintah Kapolda untuk semua wilayah melaksanakan patroli besar.

"Apa itu patroli skala besar? Yaitu patroli yang mengerahkan semua kekuatannya dari Polri. Mulai dari tingkat Polsek, Polres sampai Polda," kata Bagus dalam diskusi publik bertajuk 'Siapapun Pemenangnya Adalah Gubernur Kita' yang digelar di Kota Jambi, Rabu 26 Mei 2021.

Baca Juga:  Ribuan Surat Suara Pilkada di Jambi Rusak

Kapolda, kata dia, tidak ingin pelaksanaan PSU ini terulang kembali di wilayahnya. Sehingga, Kapolda dalam perintahnya meminta jajarannya apabila ada permasalahan-permasalahan harus cepat diselesaikan. Bahkan, tutur Bagus, dalam pelaksanaan PSU ini pengamanan akan dilakukan secara ketat.

"Kapolda memastikan Polri berada di TPS-TPS. Kalo kemarin waktu pelaksanaan Pilkada itu 1 Polri bisa membawahi beberapa TPS, tapi sekarang Kapolda telah memerintahkan 1 TPS 8 anggota Polri. Jadi, 1 TPS dijaga oleh 8 anggota Polri untuk memastikan situasi di TPS itu aman dan terkendali, tidak ada masalah," ujarnya.

Adapun, menyangkut pengamanan ini, Polda Jambi akan mengerahkan sebanyak 1.360 personel yang tersebar di 5 wilayah Kabupaten/Kota yang akan melaksanakan PSU.

"Kita berharap pelaksanaan Pilkada ini aman dan lancar, mari kita bersama-sama baik penyelenggara KPU Bawaslu dan termasuk Polri kita bergandengan tangan supaya suksesnya pelaksanaan PSU ini adalah suksesnya kita bersama," pungkasnya.

Baca Juga:  Dua Pasangan Cagub-Cawagub Jambi Jalani Tes Kesehatan di RSUD Raden Mattaher

Diberitakan sebelumnya, Mahkamah Konstitusi (MK) memerintahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi untuk melakukan pemungutan suara ulang di 88 TPS. Hal tersebut merupakan putusan dari sidang Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) Gubernur Jambi Tahun 2020.

"Mahkamah membatalkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jambi Nomor 127/PL.02. 6/Kpt/15/Prov/XII/2020 tentang Penetapan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi Tahun 2020 tertanggal 19 Desember 2020 sepanjang perolehan suara di 88 TPS yang ada di Provinsi Jambi," ujar Ketua Pleno Hakim Konstitusi Anwar Usman dalam sidang.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini