Share

Pemimpin Kudeta di Mali Asimi Goita Diangkat sebagai Presiden Sementara

Agregasi VOA, · Minggu 30 Mei 2021 06:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 30 18 2417408 pemimpin-kudeta-di-mali-asimi-goita-diangkat-sebagai-presiden-sementara-XKHql2BMca.jpg Asimi Goita (kiri). Foto: AP via VOA

ASIMI Goita, kolonel yang memimpin kudeta militer di Mali menjadi presiden sementara yang baru. Keputusan ini diambil Pengadilan Konstitusional Mali, Jumat (28/5).

Pengambilalihan itu dianggap telah membahayakan transisi kembali ke demokrasi dan bisa merusak perjuangan regional melawan ISIS.

Goita menjadi wakil presiden sementara setelah memimpin kudeta Agustus lalu yang menggulingkan Presiden Ibrahim Boubacar Keita. Senin lalu ia memerintahkan penangkapan Presiden Bah Ndaw dan Perdana Menteri Moctar Ouane. Keduanya mengundurkan diri pada Rabu, selagi masih dalam tahanan. Mereka kemudian dibebaskan.

Pengadilan mengatakan dalam keputusannya bahwa Goita harus mengisi kekosongan yang ditinggalkan Ndaw "untuk memimpin proses transisi sampai pada kesimpulannya" dan menyandang gelar "presiden transisi, kepala negara."

Baca juga: Presiden dan PM Mali Mundur Usai Ditangkap Junta Militer

Putusan itu menetapkan Mali pada jalur yang bertentangan dengan Komunitas Ekonomi Negara-negara Afrika Barat (ECOWAS) yang beranggotakan 15 negara, yang bersikeras bahwa transisi, yang akan berakhir dengan pemilu pada Februari, tetap dipimpin oleh sipil.

Kepala-kepala negara ECOWAS dijadwalkan bertemu di Ghana pada Minggu. Mereka dan kekuatan Barat termasuk Prancis dan Amerika khawatir krisis politik bisa memperburuk ketidakstabilan di Mali utara dan tengah, markas afiliasi regional al Qaeda dan ISIS.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini