Kisah Faisal Rusdi, Pelukis Penderita Cerebral Palsy Hasilkan Karya Belasan Juta Rupiah

Ervand David, iNews · Senin 31 Mei 2021 10:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 31 525 2417778 kisah-faisal-rusdi-pelukis-penderita-cerebral-palsy-hasilkan-karya-belasan-juta-rupiah-6j9zEzu6xB.jpg Kisah pelukis penderita cerebral palsy Faisal Rusdi hasilkan karya belasan juta rupiah gunakan mulut. (Foto : iNews/Ervan David)

BANDUNG – Terlahir dengan kondisi fisik tak sempurna tidak menjadi hambatan bagi seorang pelukis bernama Faisal Rusdi. Sejak usia enam bulan, Faisal sudah divonis menderita cerebral palsy atau kelumpuhan otak. Penyakitnya itu mengakibatkan seluruh bagian lengan dan kaki tidak bisa berfungsi normal.

Bertempat di Jalan Kiara Indah, Kecamatan Kiara Condong Kota Bandung, Faisal mengisi hari-harinya dengan melukis. Seluruh goresan lukisannya dibuat dengan menggunakan mulut.

Satu mahakarya lukisan realis ciptaannya ini bisa memakan waktu tiga minggu hingga satu bulan. “Kalau realis paling cepet bisa 3 minggu, paling lama sebulan karena itu dikerjakannya enggak intens tiap hari,” katanya, Senin (31/5/2021).

Di samping itu, dirinya juga menjadi anggota Association of Mouth and Foot Painting Artists (AMFPA) untuk memamerkan maha karyanya di luar negeri.

Selain mengikuti pameran, dirinya juga menjual maha karyanya kepada masyarakat luas. Rata-rata satu lukisan dapat terjual hingga belasan juta rupiah.

Baca Juga : Fantastis, Lukisan Cat Minyak Karya Picasso Terjual Rp1,48 Triliun 

“Kalau harga sendiri dilihat dari ukuran lukisan terus medianya juga menentukan. Paling mahal Rp11-12 juta,” ucapnya.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini