Tanggul Sungai Cisunggalah Jebol, Permukiman Warga Terendam hingga 1 Meter

Mujib Prayitno, iNews · Rabu 02 Juni 2021 07:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 02 525 2418704 tanggul-sungai-cisunggalah-jebol-permukiman-warga-terendam-hingga-1-meter-c0a0RS3wwz.jpg Tanggul jebol bikin permukiman warga terendam banjir hingga 1 meter (foto : iNews))

BANDUNG - Hujan deras yang mengguyur wilayah timur Kabupaten Bandung sejak Selasa petang, 1 Juni 2021, membuat tanggul sungai Cisunggalah di Desa Panyadap, Kecamatan Solokan Jeruk, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa malam, jebol. Akibatnya, permukiman di dua RW di kawasan tersebut terendam banjir hingga 1 meter.

Luapan air sungai pun menerjang deras ke area permukiman warga di RW 01 dan RW 02, Desa Panyadap, Kecamatan Solokan Jeruk, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Air yang meninggi dengan cepat, membuat warga tidak sempat mengevakuasi barangnya dan memilih menyelamatkan diri di lantai dua rumah, lantaran akses jalan sudah tertutup banjir.

Menurut Ketua RW setempat banjir kali ini merupakan yang terparah disebabkan jebolnya tanggul sungai sepanjang 20 meter.

"Banjir kali ini paling parah karena ada tanggul jebol," ujar Ketua RW 02, Taupik, Rabu (5/6/2021).

Baca Juga : 2 Terduga Teroris Merauke Disiapkan Jadi Pengantin Bom Bunuh Diri

Hingga Rabu dini hari, petugas dan warga masih bersiaga di lokasi jebolnya tanggul Sungai Cisunggala. Sementara ketinggian air di area permukiman perlahan menyusut dari ketinggian awal yang mencapai 1 meter.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini