PM Inggris Desak Kelompok G7 Vaksinasi Covid-19 di Seluruh Dunia

Agregasi VOA, · Minggu 06 Juni 2021 19:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 06 18 2421028 pm-inggris-desak-kelompok-g7-vaksinasi-covid-19-di-seluruh-dunia-BdGEQjvwVs.jpg Foto: Reuters

PERDANA Menteri Inggris Boris Johnson mengimbau kepada pemimpin kelompok negara-negara kaya G7 untuk membuat komitmen untuk melakukan vaksinasi Covid-19 sebelum akhir 2022.

(Baca juga: PM Inggris Boris Johnson Menikahi Tunangannya Secara Diam-diam)

Minggu depan, Inggria akan menjadi tuan rumah konferensi tingkat tinggi (KTT) G7 yang untuk pertama kalinya diadakan secara tatap muka dalam dua tahun. KTT itu akan diadakan menyusul pertemuan para menteri keuangan kelompok itu yang berakhir pada Sabtu (5/6).

(Baca juga: Milisi Syiah Houthi Kembali Lancarkan Serangan Rudal, 17 Orang Tewas)

Johnson mengatakan dalam pertemuan mendatang, dia akan mengupayakan agar G7 mencapai target vaksinasi global.

"Memvaksinasi dunia pada akhir tahun depan akan menjadi terobosan terbesar dalam sejarah medis," kata Johnson dalam pernyataan dilansir Voa Indonesia, Minggu (6/6/2021).

"Saya menyerukan para pemimpin G7 untuk bergabung guna mengakhiri pandemi buruk ini dan berjanji kita tidak akan membiarkan kehancuran akibat virus corona terjadi lagi,"ujarnya 

Para pemimpin Jerman, Prancis, AS, Italia, Jepang, Uni Eropa dan Kanada akan bergabung dengan Johnson untuk KTT tiga hari di Cornwall, Inggris, yang akan dimulai Jumat (11/6). KTT G7 akan menjadi lawatan luar negeri pertama bagi Presiden Joe Biden sejak menjabat pada Januari.

Sementara negara-negara terkaya telah memvaksinasi banyak penduduknya, banyak negara-negara lebih miskin yang tidak punya akses yang sama terhadap vaksin. Dan para pakar kesehatan telah memperingatkan bahwa apabila vaksin Covid-19 tidak disumbangkan lebih banyak lagi, virus akan terus menyebar dan bermutasi.

(fmi)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini