28 Pasien di Kudus Positif Varian Covid-19 India

Agregasi Solopos, · Minggu 13 Juni 2021 10:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 13 512 2424362 28-pasien-di-kudus-positif-varian-covid-19-india-NKc7lu2omb.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

KUDUS - Hasil data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebutkan varian baru Covid-19 India atau B16172 terdeteksi menyebar di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng). Dari 34 sampel pasien Covid-19 asal Kudus, 28 di antaranya dinyatakan positif terpapar virus varian India atau Delta.

Hasil itu terungkap pada salinan hasil laporan WGS SARS-CoV-2 varian of concern dari Pokja Genetik Fakultas Kedokteran, Kesehatan masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta kepada Menteri Kesehatan.

Dari 34 sampel yang dirawat di RSUD dr Loekman Hadi Kudus menyebutkan, 28 orang positif varian Delta India. Sampel tersebut masuk pada 5 Juni 2021 dan hasilnya keluar pada 7 Juni 2021.

Mengutip Solopos dari pemberitaan Murianews, Minggu (13/6/2021), Bupati Kudus, Hartopo, mengakui hal tersebut saat ditemui sesusai raat terbatas daring di Command Center Pekab Kudus. Rapat itu juga diikuti Kementerian Kesehatan, Pangdam IV/Diponegoro, Gubernur Jawa Tengah, dan pimpinan Kabupaten Kudus.

Bupati belum bisa memberikan keterangan lanjutan terkait dari mana asal muasal varian baru itu. Pemkab Kudus pun segera berkoordinasi dengan Pemprov Jawa Tengah untuk proses lanjutan berupa pembatasan di Kota Kretek.

“Kemungkinan ada lockdown skala mikro di Kabupaten Kudus, dan teknisnya kami rapatkan dengan Gubernur Jateng dan Pemprov,” ujarnya.

Baca Juga : Bupati Kudus : Kalau Taat Prokes, Masyarakat Tak Perlu Takut Varian Covid-19 India

Bupati mengingatkan warga Kudus untuk makin waspada terhadap orang-orang tanpa gejala. Terlebih mereka yang tak diketahui rekan jejak temunya. “Karena kita tidak tahu orang itu bertemu siapa, dari mana itu yang harus diwaspadai,” ujarnya.

Warga juga harus selalu memakai masker dan tetap menjaga jarak aman saat berinteraksi. Rajin cuci tangan juga harus tetap dilakukan sebelum dan sesudah menyentuh barang.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini