Biden Hadiri Jamuan Teh dengan Ratu Elizabeth

Agregasi VOA, · Senin 14 Juni 2021 05:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 14 18 2424602 biden-hadiri-jamuan-teh-dengan-ratu-elizabeth-Jr4eYzqO22.jpg Presiden AS Joe Biden dan Jill menikmati jamuan teh bersama Ratu Elizabeth (Foto: Reuters)

INGGRIS - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Ibu Negara Jill pada Minggu (13/6) mengikuti jamuan teh bersama Ratu Elizabeth II di Kastil Windsor, pada akhir Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-7 dan ketika ia menyelesaikan lawatan ke Inggris, bagian pertama lawatan intersionalnya setelah menjabat Januari lalu.

Ratu Inggris, yang berusia 95 tahun dan mengenakan busana berwarna merah jambu terang, menyambut Biden di Quadrangle – atau bagian tengah kastil, yang menjadi kediaman bagi keluarga kerajaan selama hampir seribu tahun dan di mana ia menghabiskan sebagian besar waktunya sejak merebaknya pandemi virus corona.

Kedatangan Presiden Biden dan Ibu Negara Jill itu disambut dengan upacara megah di mana Pasukan Pengawal Kehormatan dari Batalion Pertama Pengawal Ratu menyampaikan Penghormatan Kerajaan. Lagu kebangsaan Amerika juga dikumandangkan dalam upacara itu.

Presiden Biden dan Ratu Elizabeth II tampak rileks dan berbincang-bincang sebelum menuju ke bagian dalam kastil untuk melangsungkan pertemuan pribadi.

Ratu Elizabeth sebenarnya telah bertemu dengan Biden dan Jill dalam lawatan mereka ini ketika ia menjamu para pemimpin negara-negara kaya yang tergabung dalam G-7 dan pasangan mereka Jumat malam (11/6) di kota Cornwall, di mana pertemuan tiga hari itu diselenggarakan.

(Baca juga: Israel Resmi Lantik Pemerintahan Baru)

“Saya dan Joe sangat menantikan saat bertemu Ratu,” ujar Jill Biden setelah tiba di Inggris hari Kamis (10/6). “Ini merupakan bagian yang menyenangkan dalam lawatan kami ini.”

Joe Biden dan istrinya akan menjadi presiden dan ibu negara Amerika keempat yang diterima Ratu di Windsor. Sebelumnya Ratu menerima Donald Trump dan Melania tahun 2018, Barack Obama dan Michelle tahun 2016, George Walker Bush dan Laura tahun 2008, dan Ronald Reagan bersama Nancy tahun 1982.

Selama 69 tahun bertakhta di Inggris, yang terlama dibanding kerajaan Inggris mana pun, sudah 14 presiden Amerika yang bertemu dengan Ratu Elizabeth II, kecuali Lyndon Johnson.

(Baca juga: Kekuasaan 12 Tahun Netanyahu Jadi PM Israel Akhirnya Tamat!)

Meskipun masih berduka karena meninggalnya Pangeran Philip pada bulan April lalu, suami yang berusia 99 tahun dan telah mendampinginya selama lebih dari 70 tahun, Ratu Elizabeth menunjukkan tekadnya untuk melanjutkan tugas resminya sebagai kepala negara selama perhelatan G-7 itu.

Setelah menjamu para pemimpin Jumat lalu, di mana ia menyampaikan gurauan ketika sessi foto resmi bersama, Ratu memancing lebih banyak tawa di sebuah acara resmi untuk sebuah proyek lokal setelah ia memotong kue menggunakan pedang upacara yang panjang.

Hari Sabtu Ratu Elizabeth kembali ke Kastil Windsor untuk mengikuti parade militer merayakan ulang tahun resminya, yang pertama tanpa Pangeran Philip.

Setelah meninggalkan kastil itu, Biden akan bertolak ke Brussels untuk mengikuti KTT NATO pada hari Senin (14/6), KTT Amerika-Uni Eropa pada hari Selasa (15/6), dan pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putih di Jenewa pada hari Rabu (16/6).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini