Kuburan Massal 123 Korban ISIS Terungkap, Dibawa ke Jurang dan Ditembak Mati

Susi Susanti, Koran SI · Selasa 15 Juni 2021 13:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 15 18 2425443 kuburan-massal-123-korban-isis-terungkap-dibawa-ke-jurang-dan-ditembak-mati-tKSkmERRtW.jpg Pemakaman massal 123 korban ISIS ditemukan (Foto: EPA/EFE/REX/Shutterstock)

MOSUL - Sebuah kuburan massal berisi 123 orang yang disiksa dan dibunuh oleh ISIS telah ditemukan di Irak, dua tahun setelah kelompok teror itu dikalahkan.

Pembantaian penjara Badush terjadi pada tahun 2014 dan melihat para narapidana terbunuh ketika ISIS mengambil kendali selama pendudukan mereka di Mosul.

Para jihadis membebaskan tahanan Muslim Sunni dan memaksa 583 tahanan yang sebagian besar Syiah masuk ke truk, sebelum membawa mereka ke jurang dan menembak mereka.

Menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), kuburan yang ditemukan setelah pasukan Irak menguasai daerah itu pada Maret 2017, adalah salah satu dari lebih dari 200 yang ditinggalkan oleh ISIS.

Mayat-mayat itu sekarang telah dikeluarkan dari kuburan dalam upaya untuk mengidentifikasi mereka.

Saleh Ahmed, seorang anggota komisi pemerintah yang ditugaskan untuk mengidentifikasi mayat-mayat itu, mengatakan bahwa pekerjaan untuk mencari tahu siapa orang-orang itu "sulit".

"Panasnya luar biasa. Beberapa jenazah terjerat, dan ada ular dan kalajengking di mana-mana,” ujarnya.

(Baca juga: Dikeluhkan Tetangga, Lonceng Gereja 'Dimatikan' untuk Pertama Kalinya dalam 111 Tahun)

PBB percaya lebih dari 12.000 orang dimakamkan di kuburan sebagai akibat dari kekejaman ISIS.

"Ribuan keluarga sedang menunggu untuk mengetahui apa yang terjadi dengan kerabat mereka,” terang Najm al-Jubburi, Gubernur Provinsi Niniwe tempat penjara itu berada.

Abbas Mohammed, yang putranya dipenjara di Badush menyusul penangkapannya oleh pasukan Amerika Serikat (AS) pada 2005, masih menunggu kabar tentang putranya.

"Setelah 17 tahun tidak mengetahui apakah anak saya masih hidup atau mati, saya butuh jawaban,” ujarnya.

(Baca juga: Astronot 'Menangis dan Marah' Ketika Tubuhnya Terbakar Saat Jatuh ke Bumi)

Pada 2017, tentara Irak menggali kuburan massal lain di dekat penjara yang berisi mayat 500 orang yang dieksekusi ISIS.

(sst)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini