1 Rumah Sakit Rujukan Pasien Covid-19 di Bandung Barat Over Kapasitas

Adi Haryanto, Koran SI · Rabu 16 Juni 2021 19:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 16 525 2426301 1-rumah-sakit-rujukan-pasien-covid-19-di-bandung-barat-over-kapasitas-eCFMlSP7UJ.jpg Foto: Illustrasi Okezone.com

BANDUNG BARAT - Tingkat keterisian atau bed occupancy rate (BOR) ruang isolasi rumah sakit pasien Covid-19, di Kabupaten Bandung Barat (KBB) makin mengkhawatirkan.

Jika sebelumnya tingkat keterisian rumah sakit mencapai 89,39% dengan rata-rata kasus harian COVID-19 mencapai 87 orang/hari. Data terakhir menunjukkan jika angka BOR-nya telah mencapai 94%.

Baca juga:  Curhat Penggali Kubur Jenazah Corona : 4 Bulan Belum Dibayar

Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kesehatan, Dinkes KBB, Wishnu Pramulo Ady mengatakan, dari lima rumah sakit yang jadi rujukan pasien Covid-19 di KBB hanya satu rumah sakit yang masih kosong.

"Yang ruang isolasinya masih kosong hanya di RS Cahya Kawaluyaan Kota Baru, dengan jumlah lima ruang isolasi untuk pasien zona kuning," terangnya, Rabu (16/6/2021).

Baca juga:  Kasus Corona Melonjak, Kamar Rumah Sakit di Kota Tangerang Penuh

Dia merinci, tingkat keterisian di Rumah Sakit Karisma Cimareme dari 20 tempat tidur telah terisi penuh. Di Rumah Sakit Cahya Kawaluyaan, Kota Baru Parahyangan dari total kapasitas isolasi zona kuning sebanyak 47 bed, telah terisi 42 bed dan 5 kosong.

Sementara untuk ruang pasien isolasi pasien Covid-19 untuk zona merah, semua ruangan yang tersedia di lima rumah sakit semuanya penuh. Seperti di RSUD Cililin 15 bed penuh, di RSUD Lembang tersedia 20 bed penuh, dan di RSJ Cisarua dari 6 bed, telah terisi 5 bed.

"Meski terdapat ruangan kosong tapi sebenernya pasien banyak. Bahkan info terbaru yang di RS Cahya Kawaluyaan ada 6 pasien rencananya masuk karena tinggal nunggu hasil tesnya," terangnya.

Oleh karena itu, lanjut dia, pihaknya cukup khawatir ada lonjakan pasien lagi yang akan membuat ruang isolasi di semua rumah sakit penuh. Seperti di RSUD Cikalongwetan bahkan telah over kapasitas, dari 18 kapasitas bed total pasiennya sudah ada 20.

"Makanya kita selalu update pelaporan tingkat keterisian ruang isolasi di rumah sakit. Yang rumah sakit swasta juga tetap harus lapor perkembangan hariannya," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini