Korut: Pertemuan dengan AS Hanya Buang-Buang Waktu

Agregasi VOA, · Jum'at 25 Juni 2021 06:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 25 18 2430628 korut-pertemuan-dengan-as-hanya-buang-buang-waktu-F6g801R21J.jpg Pemimpin Tertinggi Korut Kim Jong-un dan Presiden AS Joe Biden (Foto: AP via VOA)

PYONGYANGKorea Utara tidak mempertimbangkan untuk menjalin kontak dengan Amerika Serikat (AS) karena itu hanya akan membuang-buang waktu. Hal itu dikatakan oleh Menteri Luar Negeri Korea Utara Ri Son Gwon pada Rabu (23/6).

“Kami bahkan tidak mempertimbangkan kemungkinan kontak apa pun dengan AS, apalagi melakukannya, karena tidak akan membawa kami ke mana-mana, hanya membuang-buang waktu yang berharga,” kata Ri dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh media pemerintah, KCNA.

Dia membuat pernyataan itu setelah utusan baru AS untuk Korea Utara mengatakan di Seoul pada Senin (21/6) bahwa dia menantikan “tanggapan positif segera” dari Pyongyang untuk berdialog.

(Baca juga: Sengketa Kapal yang Terjebak di Terusan Suez Capai Kesepakatan Awal)

Program senjata nuklir Korea Utara telah menjadi masalah yang sulit bagi Washington selama bertahun-tahun dan dalam upaya untuk mengubahnya, pemerintahan baru Presiden Joe Biden melakukan tinjauan kebijakan dan mengatakan akan mencari cara-cara yang “disesuaikan dan praktis” untuk membujuk Pyongyang melakukan denuklirisasi.

Pada Selasa (22/6), saudara perempuan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa AS tampaknya keliru menafsirkan sinyal dari Korea Utara.

Kim Yo Jong, seorang pejabat senior partai yang berkuasa di Korea Utara, menanggapi penasihat keamanan nasional AS Jake Sullivan, yang pada Minggu (20/6) mengatakan dia melihat “sinyal menarik” dari pidato Kim Jong Un baru-baru ini tentang persiapan konfrontasi dan diplomasi dengan AS.

(Baca juga: Tuntut Perubahan Konstitusi, Demonstran Thailand Kembali Turun ke Jalan)

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini