Rusia: Tidak Boleh Hubungan Seks Usai Disuntik Vaksin Covid-19

Susi Susanti, Koran SI · Senin 12 Juli 2021 10:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 12 18 2439232 rusia-tidak-boleh-hubungan-seks-usai-vaksin-covid-19-Kt0ytFB7WZ.jpg Ilustrasi hubungan seks (Foto: Wisegeek)

RUSIA - Kementerian Kesehatan di wilayah Rusia yang berjarak kurang dari 1.000 km dari Moskow telah merekomendasikan agar mereka yang divaksinasi Covid-19 menahan diri untuk tidak berhubungan seks setelah disuntik vaksin dan menyatakan itu bisa menjadi hal serius.

Berbicara pada Kamis (8/7), wakil menteri kesehatan di Saratov, Denis Grayfer, menjelaskan bahwa seks adalah "aktivitas yang sangat menghabiskan energi," dan itu tidak sebanding dengan risiko peningkatan stres setelah divaksinasi. Dia tidak mengatakan berapa lama seks harus dihindari.

(Baca juga: Gedung Ambruk, Korban Tewas Bertambah Menjadi 90 Orang)

Alexander Gintsburg, kepala lembaga yang menciptakan vaksin Sputnik V Covid-19 Rusia, sebelumnya menjelaskan bahwa aktivitas fisik setelah inokulasi tidak dilarang, kecuali jika seseorang mendorong dirinya sendiri hingga kelelahan. Setelah itu terjadi, tidak ada lagi cukup glukosa yang diperlukan untuk pembelahan sel.

Seiring dengan aktivitas fisik yang berat, rekomendasi resmi di Rusia mengatakan bahwa mereka yang disuntik harus menahan diri dari sauna dan konsumsi alkohol selama tiga hari.

(Baca juga: Paus Pimpin Doa dari Balkon RS Usai Operasi Usus Besar)

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini