Pandemi Covid-19, Ini Langkah-Langkah Mesir Buka Kembali Sektor Pariwisatanya

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 12 Juli 2021 11:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 12 18 2439269 pandemi-covid-19-ini-langkah-langkah-mesir-buka-kembali-sektor-pariwisatanya-YJZvtNx2hX.JPG Duta Besar Mesir untuk Indonesia Ashraf M Sultan berbincang dalam wawancara dengan MNC Portal Indonesia. (Foto: Faisal/MPI)

JAKARTA – Pandemi Covid-19 berdampak besar pada perekonomian sebagian besar negara di dunia, tidak terkecuali Mesir, negara yang memiliki penghasilan besar dari sektor pariwisata. Duta Besar Mesir untuk Indonesia mengatakan bahwa negaranya mulai membuka kembali sektor pariwisata dan mengambil langkah mengatasi dampak pandemi.

Dalam wawancara khusus dengan MNC Media, Dubes Ashraf M Sultan mengungkapkan bahwa saat ini Mesir memiliki diversifikasi ekonomi yang luas sehingga pukulan keras di sektor pariwisata akibat pandemi Covid-19 tidak membuat negara itu serta merta mengalami kesulitan.

BACA JUGA: Persahabatan Presiden Soekarno dan Gamal Abdel Nasser Dorong Hubungan Indonesia-Mesir 

“Sebenarnya Mesir terkena pandemi seperti negara lain. Ekonomi Mesir menderita karena pandemi tahun lalu. tetapi kami berhasil memiliki tingkat pertumbuhan yang relatif tinggi hingga 3,5% bahkan di era pandemi,” jelas Dubes Ashraf kepada MNC Media.

“Tentu saja sektor pariwisata terpengaruh tetapi kami dapat mengatakan sekarang ekonomi Mesir tidak hanya bergantung pada pariwisata. Ekonomi kami sangat beragam. Kami memiliki industri, kami memiliki pertanian, kami mencoba untuk mempromosikan setiap sektor ekonomi kami,” tambahnya.

BACA JUGA: Sudah Divaksinasi COVID-19, Wisatawan Diizinkan Masuk Mesir Tanpa Tes PCR

Dubes Ashraf juga menjelaskan bahwa Mesir telah mengambil langkah-langkah untuk membuka kembali sektor pariwisatanya. Pemerintah memberlakukan aturan ketat bagi pelaku usaha pariwisata yang beroperasi.

“Pemerintah Mesir melakukan berbagai tindakan pencegahan agar tidak ada masalah bagi turis yang kembali ke Mesir. Langkah yang kami ambil sangat serius dan ada kontrol dari pemerintah, saya katakan, ada beberapa hotel yang ditutup sementara karena tidak berkomitmen pada langkah persiapan pemerintah,” ujarnya.

Selain langkah-langkah pencegahan tersebut, Mesir juga mengedepankan para pekerja sektor pariwisata untuk menerima vaksinasi Covid-19. Ini dimaksudkan agar mereka dapat bekerja tanpa khawatir pada virus corona selain juga memberi rasa aman bagi para pelancong.

“Kami melakukan ini untuk mendorong pariwisata, ini sangat membantu untuk melewati pandemi,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini