Persahabatan Presiden Soekarno dan Gamal Abdel Nasser Dorong Hubungan Indonesia-Mesir

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 12 Juli 2021 10:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 12 18 2439238 persahabatan-presiden-soekarno-dan-gamal-abdel-nasser-dorong-hubungan-indonesia-mesir-5qZCD96nJk.JPG Duta Besar Mesir untuk Indonesia Ashraf M Sultan. (Foto: Faisal/MPI)

JAKARTA – Pertemanan yang terjalin antara Presiden Pertama RI Ir. Soekarno dengan Presiden Mesir Gamal Abdel Nasser menjadi salah satu hal penting yang mendorong hubungan kedua negara hingga saat ini. Hal itu disampaikan oleh Duta Besar (Dubes) Mesir untuk Indonesia Ashraf M. Sultan dalam wawancara dengan MNC Media.

“Selama era Presiden Soekarno dan Presiden Nasser ada kerja sama politik dan persahabatan yang cukup baik antara kedua pemimpin. Persahabatan ini sebenarnya bertahan sampai hari ini karena merupakan titik penting dalam hubungan antara Mesir dan Indonesia,” kata Dubes Ashraf.

BACA JUGA: Bincang dengan Dubes Ashraf Sultan, Hubungan RI-Mesir dan Dukungan untuk Palestina 

Dubes Ashraf mengatakan bahwa Indonesia dan Mesir saat ini memiliki hubungan yang erat, terutama di bidang politik, dengan kedua negara memiliki banyak kesamaan kepentingan. Dia berharap kedua negara dapat meningkatkan hubungannya di bidang ekonomi dengan melakukan lebih banyak kerja sama.

“Yang dapat saya katakan bahwa kedua negara mencoba untuk memodernisasi ekonomi, memodernisasi infrastruktur kita. Ini bukan hanya tantangan untuk pembangunan tetapi juga peluang untuk membawa lebih banyak ide guna mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan,” jelasnya.

Dia mengungkapkan bahwa saat ini ada sejumlah perjanjian dan nota kesepahaman antara Indonesia dan Mesir yang akan segera disepakati.

BACA JUGA: Dubes Palestina: Pemerintahan Baru Israel Tidak Ada Bedanya

Mesir dan Indonesia telah menikmati hubungan baik sejak Republik Indonesia berdiri. Mesir merupakan salah satu negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia dan kedua negara merupakan pendiri dan anggota dari Gerakan Non-Blok(GNB).

Hubungan yang baik ini juga terlihat dari kunjungan Presiden Mesir Abdel Fattah al Sisi ke Indonesia pada 2015 untuk memenuhi undangan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini