Menengok TMP Kusumanegara Yogya, Terdapat Makam Jenderal Besar Soedirman dan Letjen Oerip Soemohardjo

Doddy Handoko , Okezone · Sabtu 24 Juli 2021 07:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 24 510 2445224 menengok-tmp-kusumanegara-yogya-terdapat-makam-jenderal-besar-soedirman-dan-letjen-oerip-soemohardjo-YzmXBrCJ75.jpg TMP Kusumanegara Yogya. (Foto: Doddy Handoko)

BEBERAPA pahlawan nasional dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kusumanegara Yogyakarta. Mereka antara lain Panglima Besar Jenderal Soedirman, Letnan Jendral Oerip Soemohardjo, Brigadir Jendral Katamso, Kolonel Sugiyono serta Menteri Supeno. 

Di prasasti Taman Makam Pahlawan, terdapat nama-nama lain seperti R.Adisoemarmo (dipakai untuk bandara Solo), R.Husein Sastranegara (dipakai nuntuk bandara Bandung), dan R.M Isdiman (gugur di Palagan Ambarawa).

Baca juga: Soedirman, Jenderal Santri yang Tidak Pernah Batal Wudhu

Terdapat juga makam pahlawan tak dikenal ketika pecah revolusi antara tahun 1945-1949.

Selain itu ada makam serdadu Jepang yang ikut berjuang membela republik. Mereka tidak mau pulang ke negaranya tapi memilih bergabung dengan TNI melawan Belanda.

TMP Kusuma Negara adalah sebutan untuk kompleks pemakaman Wijaya Brata yang berlokasi di Jalan Kusuma Negara, Yogyakarta.

Makam Jenderal Soedirman

Pemakaman ini dikhususkan untuk pemakaman bagi mereka yang telah berjasa kepada NKRI, termasuk para Pahlawan nasional, anggota militer dan pejabat tinggi negara.

Baca juga: Kisah Pilot Jepang Terbangkan Jenderal Soedirman dengan Pesawat Pembom

Terdapat patung Jenderal Soedirman berdiri tegak di depan TMP Kusumanegara Yogyakarta.

TMP Kusumanegara juga dilengkapi dengan beberapa bangunan, di antaranya monumen, perpustakaan, ruang piket penjagaan, perkantoran, maupun dua gedung utama yang berada di belakang dan depan. 

“Untuk ziarah sesuai dengan jam kerja, antara pukul 06.00 sampai pukul 18. 00” ujar Jalal, seorang petugas makam.

Data pengelola TMP Kusumanegara mencatat ada ribuan pahlawan pejuang kemerdekaan RI yang dimakamkan di tempat tersebut. Dari TNI AD berjumlah 1.065 makam, TNI AU 156 makam, dan TNI AL berjumlah 56 makam. Selain itu, dari Polri berjumlah 79 makam. 

Pejuang yang tercatat identitasnya ada 404 makam dan warga sipil terdapat sembilan orang. Dari pejuang yang tidak tercatat identitasnya berjumlah 131 makam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini