Share

Sopir Ngantuk Sebabkan Bus Tergelincir, 10 Orang Tewas, 45 Terluka

Susi Susanti, Koran SI · Selasa 27 Juli 2021 12:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 27 18 2446614 sopir-ngantuk-sebabkan-bus-tergelincir-10-orang-tewas-45-terluka-2s2OtXgZ8Y.jpg Bus tergelincir karena sopir mengantuk, 10 tewas, 45 terluka (Foto: Reuters)

KROASIA - Sedikitnya 10 orang tewas dan 45 luka-luka setelah sebuah bus tergelincir dari jalan. Kecelakaan mengerikan itu terjadi di dekat kota Slavonski Brod, Kroasia, pada Minggu (25/1).

Itu terjadi ketika kendaraan yang melaju dari Jerman ke Kosovo dengan plat nomor Kosovo tergelincir dari jalan dan terbalik.

Polisi mengatakan pengemudi, seorang warga Kosovo berusia 52 tahun, kehilangan kendali atas kendaraannya pada pukul 06.00 waktu setempat. Pengemudi kedua tewas dalam kecelakaan itu.

Duta Besar Kosovo untuk Jerman mengatakan kepada Nova TV Kroasia bahwa sebagian besar penumpang adalah warga Kosovo yang bekerja di Jerman dan pulang ke rumah untuk menghabiskan liburan musim panas bersama keluarga mereka.

Nova TV melaporkan, mengutip polisi, sekitar 15 dari 45 orang yang terluka dalam kecelakaan itu mengalami luka serius.

(Baca juga: AS Tarik Pasukan di Irak Akhir Tahun Ini)

Menurut laporan setempat, Kepala polisi setempat Franjo Galic menggambarkan kecelakaan itu sebagai salah satu kecelakaan terburuk.

Pihak berwenang mengatakan sopir bus itu ditahan setelah dia tampaknya kehilangan kendali atas kendaraannya dan mengakui bahwa dia tertidur sebentar.

"Dia bilang dia tertidur sebentar," kata wakil jaksa lokal Slavko Pranjic, dikutip situs berita Index di Kroasia.

Ke-45 korban dilarikan ke rumah sakit lokal di Slavonski Brod.

Perdana Menteri Kroasia Andrej Plenkovic mengungkapkan "kesedihan dan kesedihannya" setelah insiden tersebut dan mengirimkan belasungkawa kepada keluarga mereka yang meninggal dan orang-orang Kosovo.

(Baca juga: Kasus Covid-19 di Asia Tenggara Capai Titik Tertinggi Baru)

"Kami berharap yang terluka akan pulih,” cuitnya di Twitter.

Menteri Dalam Negeri Kosovo diketahui telah melakukan perjalanan ke Kroasia. Sedangkan Presiden Vjosa Osmani, yang berada di Tokyo untuk Olimpiade berbagi pesan di Facebook atas insiden tragis tersebut.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini