Ditipu dengan Modus Bansos, Nenek 85 Tahun Kehilangan Perhiasan dan Uang Rp5 Juta

Angga Rosa (Koran Sindo), Koran SI · Selasa 27 Juli 2021 14:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 27 512 2446722 ditipu-dengan-modus-bansos-nenek-85-tahun-kehilangan-perhiasan-dan-uang-rp5-juta-OSReliWOxw.jpg Pelaku membawa kabur uang Rp5 juta dan perhiasan milik nenek 85 dengan modus hendak mengantarkan pengambilan bansos. (Foto : Sindo/Angga Rosa)

MAGELANG - Seorang lelaki berinisial MTK (36), warga Tegalrejo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, ditangkap lantaran telah menipu nenek berinisial MGR (85), warga Desa, Gantang, Kecamatan Sawangan. Modus pelaku melakukan penipuan adalah dengan mengabarkan bahwa korban mendapat bantuan sosial (bansos) dari pemerintah senilai Rp5 juta dan menawarkan jasa untuk mengantarkan mengambil batuan itu.

Kasat Reskrim Polres Magelang AKP Muhammad Alfan menjelaskan, kasus tindak kejahatan penipuan itu terjadi pada 3 Juli 2021. Sekitar pukul 07.30 WIB, pelaku bertemu korban dan mengabarkan nenek itu mendapatkan bansos dari pemerintah. Pelaku lalu mengajaknya untuk mengambil di Kantor Pemkab Magelang.

"Setelah mendapat informasi itu, korban bermaksud menanyakan kebenarannya ke Kadus (kepala dusun). Namun, pelaku mencegahnya dan terus meyakinkan korban agar percaya. Kemudian pelaku mengajak korban mengambil bansos itu di Kantor Pemkab Magelang," kata Alfan, Selasa (27/7/2021).

Selanjutnya, mereka berangkat dengan mengendarai mobil jenis minibus warna putih yang dibawa pelaku. Karena waktu sudah menjelang waktu sholat, pelaku dan korban berhenti di sebuah mushola di wilayah Kecamatan Sawangan.

Pelaku menyarankan korban agar tas korban diletakkan di dalam mobil saja supaya aman.

"Saat korban sholat, pelaku kabur membawa tas korban. Setelah mengetahui pelaku tidak ada, korban kebingungan karena di dalam tas korban terdapat tiga cincin emas, sepasang anting, dan uang tunai Rp5 juta," ucapnya.

Baca Juga : Viral Video Penggerebekan Penjual Tabung Oksigen Palsu, Warganet Meradang

Setelah sadar dirinya telah ditipu, korban melapor ke Polsek Sawangan. Mendapat laporan itu, Polsek Sawangan langsung berkoordinasi dengan Polres Magelang. Selanjutnya, tim Resmob Sat Reskrim Polres Magelang meluncur ke lokasi kejadian untuk melakukan penyelidikan.

Akhirnya, petugas mendapat titik terang identitas pelaku dan berhasil menangkapnya. "Pelaku dapat kita amankan di perbatasan Magelang - Sleman saat digelar penyekatan PPKM Darurat. Kami juga mengamankan barang bukti uang sebesar Rp300.000, cincin, dan kendaraan minibus warna putih yang digunakan pelaku untuk beraksi," ujar Alfan.

Tersangka saat ini ditahan di Rutan Mapolrès Magelang dan dijerat dengan pasal 362 KUHP dan atau pasal 378 KUHP. Tersangka terancam hukuman paling lama 5 tahun penjara.

Sementara itu, Kasubbagumas Polres Magelang Iptu Abdul Muthohir mengimbau masyarakat tidak mudah percaya dengan pihak-pihak tertentu yang menjanjikan menyalurkan bansos.

"Jangan mudah percaya. Kami imbau masyarakat menyerahkan urusan bansos kepada aparat desa setempat agar tidak menjadi korban penipuan," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini