PMI Surabaya Waspadai Calo Darah Konvalesen Diperjualbelikan

Rahmat Ilyasan, iNews · Minggu 01 Agustus 2021 11:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 01 519 2449141 pmi-surabaya-waspadai-calo-darah-konvalesen-diperjualbelikan-ySJp0xLHWr.jpg Ilustrasi terapi plasma konvalesen (Foto: Freepik)

SURABAYA - Kebutuhan plasma konvalesen saat pandemi Covid-19 banyak dicari, terlebih memberikan informasi melalui media sosial (medsos). Namun ini menjadi celah oknum yang tidak bertanggung jawab untuk menipu dengan modus memiliki calon pendonor.

Pihak PMI Surabaya menghimbau kepada masyarkat untuk mewaspadai penipuan tersebut karena penipuan itu sudah terjadi di Surabaya. Pihaknya telah melapor ke kepolisian setempat.

Pernyataan tersebut disampaikan Sekretaris PMI Surabaya, dokter Edi Purwinarto di gedung PMI Surabaya. Pihaknya meminta kepada masyarakat untuk waspada teradap penipuan adanya jual beli plasma konvalesen yang terjadi di Surabaya karena sudah terjadi ada beberapa orang mentransfer uang untuk plasma konvalesen, namun hasilnya tidak ada.

(Baca juga: Kabar Duka, Dua Anggota DPRD Kota Surabaya Meninggal Akibat Covid-19)

Pihak PMI Surabaya berupaya untuk mengatasi hal tersebut dengan berbagai sosialisasi kepada masyarakat dan memberikan spanduk dan menghimbau jika minta plasma konvalesen langsung ke PMI.

Warga yang membutuhkan plasma konvalesen cenderung panik dan kebingungan sehinggal hal ini dimanfaatkan para calo. Modusnya calo mempertemukan pendonor dengan pasien, kemudian terjadi jual beli plasma konvalesen. Namun hal ini sudah dilaporkan kepihak kepolisian.

(Baca juga: Panglima TNI Tinjau Kesiapan Tenaga Tracer Digital di Puskesmas Sidoarjo dan Malang)

Pihak PMI mengimbau kepada masyarakat yang membutuhkan plasma konvalesen langsung ke PMI Surabaya, jangan ke orang lain apalagi calo, karena hal ini sudah dipastikan penipuan.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini