Prajurit TNI dan Ratusan US Army Latih Tempur Bersama di Balikpapan

Mukmin Azis, iNews · Rabu 04 Agustus 2021 20:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 04 340 2450990 prajurit-tni-dan-ratusan-us-army-latih-tempur-bersama-di-balikpapan-yleOMfVk8N.JPG KSAD, Andika Perkasa (Foto: TNI)

BALIKPAPAN - Latihan gabungan atau latgab antara pasukan tentara Indonesia bersama dengan prajurit Amerika, Rabu pagi, resmi dibuka secara virtual oleh Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Andhika Perkasa.

Nantinya, latgab bertema Garuda Shield antara TNI dengan US Army itu, akan digelar di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, selama 14 hari ke depan.

Pangdam VI Mulawarman, Mayjen TNI Heri Wiranto mengatakan, latihan gabungan bersama US Army ini, akan melibatkan ratusan prajurit TNI Angkatan Darat, dari Satuan Yonif Raider 400, serta ratusan prajurit dari US Army.

Ia menjelaskan, pada latihan bertema Garuda Shield ini, akan berlangsung selama 14 hari, yang digelar dengan sejumlah tahapan, diantaranya, latihan yang bersifat drill, latihan penyerbuan dengan senjata ringan dan senjata mesin ringan, latihan tactical, dan kemudian latihan penembakan mortir.

Nantinya, selama latihan gabungan antara TNI Angkatan Darat bersama dengan US Army ini, diharapkan bisa meningkatkan skill dan kemampuan prajurit TNI, dalam menghadapi ancaman musuh yang bisa mengganggu stabilitas negara.

"Latihan tempur kali ini bukan merupakan yang pertama kali di lakukan bersama Indonesia, namun, jadi yang pertama kali latihan gabungan yang melibatkan hingga ratusan personil," jelasnya.

Selain itu, para prajurit US Army berharap agar latihan gabungan ini berjalan lancar, sehingga bisa bermanfaat untuk menghadapi tantangan di masa depan, terutama tantangan dalam menghadapi pandemi Covid-19.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini