Satu Jam Terombang-ambing di Laut, 7 ABK KM United Berhasil Diselamatkan

Yudha Bahar, iNews · Rabu 04 Agustus 2021 20:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 04 608 2450995 satu-jam-terombang-ambing-di-laut-7-abk-km-united-berhasil-diselamatkan-qNqCoqgLPX.jpg ABK KM United (Foto: Yudha Bahar)

MEDAN - Pasca-terbakarnya kapal motor penangkap ikan KM United di Perairan Pulau Berhala Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Ditpolairud Polda Sumut memeriksa seluruh anak buah kapal (ABK) yang selamat. 

Dalam pemeriksaan ini, para ABK mengatakan sempat terombang-ambing di tengah laut selama 1 jam. Terdapat 7 ABK yang berhasil melompat dari atas kapal yang terbakar, yakni Ilham (51), Abdul Khoir (28), Hotma Pasolian (32), Putra (23), Syahrial (25), Erikson Sitompul (45) dan Idris Gunawan Harahap (32). Keseluruhan nelayan ini merupakan warga kota Medan dan Langkat (1 orang). 

Baca Juga: Kapal Terbakar di Perairan Pulau Berhala Sumut, Satu ABK Tewas

Menurut keterangan salah seorang ABK, Abdul Khoir, peristiwa kebakaran terjadi saat dirinya tengah tertidur pukul 10 pagi. Tiba-tiba terdengar jeritan rekan-rekannya yang mengatakan bagian mesin kapal terbakar. Karena tidak sanggup memadamkan kobaran api, para ABK melompat dan terombang-ambing selama 1 jam di tengah laut.

Beruntung para ABK berhasil diselamatkan nelayan lainnya yang melintas. Kemudian, dievakuasi ke Dermaga Ditpolairud Polda Sumut.

Petugas masih menyelidiki penyebab pasti kebakaran yang menghanguskan kapal penangkapan ikan tersebut. Kini, petugas gabungan TNI-Polri dibantu tim SAR masih terus melakukan pencarian terhadap 2 ABK yang hilang. Sementara ABK yang tewas telah dimakamkan di perkuburan muslim belawan.

Baca Juga:  Kapal Feri Terbakar di Perairan Selat Bangka

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini