Kapal Terbakar di Perairan Pulau Berhala Sumut, Satu ABK Tewas

Wahyudi Aulia Siregar, Okezone · Rabu 04 Agustus 2021 13:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 04 608 2450744 kapal-terbakar-di-perairan-pulau-berhala-sumut-satu-abk-tewas-wpsOLqmmNA.jpg Kapal terbakar di Pulau Berhala (Foto: Ist)

SERGAI - Kapal Motor (KM) United berkapasitas 60 GT terbakar di perairan Pulau Berhala, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara pada Selasa, 3 Agustus 2021 kemarin.

Saat itu kapal tersebut tengah bergerak dari Pelabuhan Perikanan Belawan menuju Fishing Ground di sekitar Pulau Berhala bersama 10 orang ABK-nya (anak buah kapal).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Medan, Toto Mulyono mengatakan, dalam insiden itu, seorang ABK meninggal dunia, 7 orang selamat dan 2 orang masih hilang.

"Korban tewas satu dan 7 orang lainnya selamat dan pagi tadi sekitar pukul 03.00 WIB telah tiba di Pelabuhan Belawan," sebut Toto, Rabu (4/8/2021).

Saat kebakaran terjadi, kata Toto, KM Tanto (Kapal Kargo) yang sedang melintas dari Perairan Pulau Berhala menuju Belawan melihat KM United terbakar dan mencoba memadamkan api dan pada saat yang sama KM United 2 (satu perusahaan yang sama dengan KM United yang terbakar) juga sedang melintas dan langsung membantu memadamkan api.

Namun besarnya kobaran api langsung membakar semua bagian kapal sehingga usaha yang dilakukan tidak membuahkan hasil, akibat kebakaran tersebut KM United karam dilokasi tersebut.

"Informasi pertama sekali kita terima dari petugas siaga VTS Belawan, sehingga malam itu juga saya langsung memerintahkan kepala Seksi Operasi Basarnas Medan untuk memimpin pergerakan personil Rescuer Kantor Pencarian dan Pertolongan Medan menuju Belawan dan bergabung bersama personil kapal KN. SAR Sanjaya yang nantinya akan digunakan menuju lokasi melakukan pencarian."ucapnya.

Adapun korban selamat adalah Ilham (51) warga Belawan, Kota Medan. Kemudian Abdul Khoir Lase (28), warga Kampung Nelayan, Belawan. Hotma Pasolian (32) warga Namoukur, Langkat, Putra (23) warga Belawan. Lalu Syahrial (25) warga Kelurahan Nelayan Indah Belawan. Erikson Sitompul (45) warga Sei Mati Belawan dan Idris Gunawan Harahap (32) warga Belawan.

Sementara itu korban tewas bernama M Ali Simanjuntak dan korban hilang bernama Jhon (nahkoda kapal) dan Simatupang (abk).

"Jadi pagi tadi sekitar pukul 07.00 wib, KN SAR Sanjaya bersama 18 orang personil berangkat menuju Perairan Pulau Berhala, dan hingga saat ini tim masih fokus melakukan pencarian, semoga korban secepatnya bisa diketemukan," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini