Hujan Deras Sebabkan Tembok Penahan Tebing Ambruk

Syamsul Maarif, Okezone · Kamis 05 Agustus 2021 22:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 05 525 2451605 hujan-deras-sebabkan-tembok-penahan-tebing-ambruk-IAer8RcFPF.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

PANGANDARAN - Hujan deras yang terjadi di sebagian daerah Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, menyebabkan tembok penahan tebing (TPT) sungai di Desa Ciganjeng, Kecamatan Padaherang ambruk.

Kejadian tersebut sangat mengancam keselamatan warga karena lokasinya sangat berdekatan dengan permukiman.

Sekretaris Desa Ciganjeng, Kecamatan Padaherang Yuyuk Yunijhar mengatakan, sungai tersebut merupakan anak sungai Citanduy. "TPT yang ambrol sepanjang 17 meter dengan tinggi 6 meter," kata Yuyuk, Kamis (5/8/2021).

Yuyuk menambahkan, TPT sungai Ciganjeng kondisinya sudah tua sehingga tidak kuat menahan derasnya air sungai. "Kami dari Pemerintah Desa sudah menembuskan surat pemberitahuan ke Dinas PU Kabupaten Pangandaran," kaya dia.

Harapan Yuyuk, instansi terkait terutama Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy segera mengambil tindakan dan memperbaiki TPT yang ambrol. "Jika tidak segera diperbaiki dan ada hujan besar potensi tanah sekitar sungai akan mengikis," jelasnya.

Jika tanah sekitar sungai terkikis akan sangat membahayakan warga disekitar sungai. "Bangunan TPT ini terakhir dibangun sekitar 40 tahun lalu secara gotong royong oleh warga," papar Yuyuk.

Baca Juga : Kadis Kebudayaan Denpasar Jadi Tersangka Korupsi Sesajen

Yuyuk mengimbau, warga sekitar untuk waspada dan berhati-hati jika terjadi hujan dan kondisi air deras lantaran potensi tanah terkikis sangat memungkinkan.

"Sebelum TPT diperbaiki warga kami imbau untuk selalu waspada dan jangan mendekat kelokasi apalagi saat air sungai sedang deras," pungkas Yuyuk.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini