Share

PM Jepang Minta Maaf Usai 'Lompati' Pidato Saat Peringatan Bom Atom Hiroshima

Antara, · Jum'at 06 Agustus 2021 15:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 06 18 2451937 pm-jepang-minta-maaf-usai-lompati-pidato-saat-peringatan-bom-atom-hiroshima-d2muKgiN0J.jpg PM Jepang Yoshihide Suga meminta maaf karena 'melompati' sebagian pidato saat peringatan bom atom Hiroshima (Foto: Reuters)

TOKYO - Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga meminta maaf karena tak sengaja melewati sebagian pidato yang dibacakannya di Hiroshima dalam acara peringatan 76 tahun peristiwa bom atom di kota itu, pada Jumat (6/8).

"Saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk meminta maaf karena telah melompati sebagian isi pidato dalam acara itu," kata Suga dalam konferensi pers yang digelar setelah acara.

Menurut Kyodo News, bagian yang terlewat adalah tentang Jepang yang menjadi satu-satunya negara yang menderita akibat bom atom dan misinya untuk mencapai dunia yang bebas dari senjata nuklir.

Laporan-laporan media menyebutkan dia telah melompati sebuah halaman naskah pidato dan kesalahan itu diketahui setelah siaran NHK berhenti menayangkan teks naskah saat dia berpidato.

Kekeliruan tersebut menarik perhatian karena kekhidmatan acara itu, yang dilangsungkan setiap tahun untuk mengenang mereka yang wafat dalam pemboman.

(Baca juga: Pesawat Israel Serang Situs Peluncuran Roket di Lebanon)

Suga sudah mengalami tekanan dari para kritikus atas penyelenggaraan Olimpiade di tengah pandemi dan lonjakan infeksi Covid-19.

Suga berulang kali menyebutkan dalam konferensi pers bahwa pemerintahannya tidak percaya penyelenggaraan Olimpiade berperan dalam kenaikan kasus Covid-19.

Dia menjelaskan pemerintah juga berdiskusi dengan penyelenggara Olimpiade tentang masalah penonton Paralimpiade yang akan digelar usai Olimpiade.

(Baca juga: Heboh! Nelayan Tangkap Ikan Bergigi Mirip Manusia, Seperti Pakai Gigi Palsu)

Olimpiade akan berlangsung hingga 8 Agustus dan Paralimpiade akan dimulai pada 24 Agustus mendatang.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini