Share

Joget Tanpa Masker di Pesta Ulang Tahunnya, Barack Obama Picu Kemarahan

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 09 Agustus 2021 14:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 09 18 2453099 joget-tanpa-masker-di-pesta-ulang-tahunnya-barack-obama-picu-kemarahan-C2Y5bB1tqe.jpg Foto: Tangkapan layar.

WASHINGTON - Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama menjadi sorotan setelah video yang bocor menunjukkan politikus Demokrat itu tidak mengenakan masker di pesta ulang tahunnya, yang diklaim telah 'diperkecil' dan mengundang banyak selebriti. Video tersebut telah menyebabkan kemarahan di media sosial.

Obama adalah politikus Demokrat terbaru yang dituduh munafik karena melanggar pedoman era pandemi Covid-19 yang telah ia promosikan ke publik.

BACA JUGA: Ketika 4 Mantan Presiden AS Kompak Promosikan Vaksinasi Covid-19 

Pesta ulang tahun Obama pada Sabtu (7/8/2021) awalnya memicu kemarahan ketika laporan menunjukkan daftar tamu mencapai ratusan, membuat beberapa orang bertanya-tanya bagaimana acara semacam itu dapat dibenarkan. Banyak politisi Demokrat dan pejabat kesehatan telah memperingatkan tentang bahaya virus corona varian Delta dan acara ramai yang diadakan di tengah jumlah vaksinasi di AS yang tertinggal dari target.

Menanggapi kemarahan publik, pesta Obama tersebut dilaporkan 'disederhanakan'. Namun, foto dan video dari acara tersebut justru memicu kritik yang lebih keras.

Citra udara dari pesta itu memperlihatkan sebuah tenda besar di properti senilai USD12 juta di Martha's Vineyard, Massachusetts. Foto-foto paparazzi yang muncul menunjukkan para tamu berpesta tanpa mengenakan masker . Bukti vaksinasi bukanlah persyaratan untuk hadir di pesta tersebut.

Bahkan, Obama tampaknya tak mengenakan masker pada salah satu momen pesta yang tertangkap dalam foto dan video yang beredar di media sosial pada Minggu (8/8/2021). Tak butuh waktu lama, para pengkritik Obama, terutama dari kalangan konservatif langsung menyerangnya

BACA JUGA: Obama Ingin Punya Grup Chat dengan Para Tokoh Pemimpin Dunia 

Video asli diposting oleh musisi Erykah Badu dalam video selfie yang telah dihapus.

“Seluruh media arus utama berkolusi untuk membohongi rakyat Amerika dan berpura-pura bahwa Obama mengecilkan pestanya. Dia tidak melakukan itu. Dia habis-habisan, tanpa masker,di dalam," komentar komentator Candace Owens menanggapi foto tersebut.

Saran Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS saat ini adalah bahwa masker harus dipakai oleh individu yang divaksinasi dan tidak divaksinasi di area berisiko tinggi dan pengaturan dalam ruangan di mana ada banyak orang. Sementara pesta Obama secara teknis merupakan acara di luar ruangan karena diadakan di tenda, banyak kritikus menganggap ini sebagai celah untuk menyiasati pedoman.

Foto-foto pesta mewah itu pertama kali beredar di media sosial berkat rapper Trap Beckham dan manajernya, TJ Chapman, yang menghapus postingan mereka setelah mengingatkan akan larangan foto dan video acara tersebut.

"Tidak ada yang pernah melihat Obama seperti ini sebelumnya," kata Beckham, mengungkapkan bahwa mantan presiden itu menari "sepanjang waktu". Foto-foto itu kemudian harus dihapus karena aturan yang ditetapkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini