Kapal Tongkang Kandas di Pantai Pangandaran

Syamsul Maarif, Okezone · Jum'at 20 Agustus 2021 21:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 20 525 2458709 kapal-tongkang-kandas-di-pantai-pangandaran-dyqvKN9b0t.jpg Kapal tongkang kandas di pantai (Foto : MPI)

PANGANDARAN - Kapal tongkang kandas di Pantai Bojongsalawe, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran. Tak ayal peristiwa tersebut jadi tontonan warga.

Warga sekitar pelabuhan Bojongsalawe Heri menerangkan, kapal tongkang tersebut semula ditarik oleh kapal tugboat bernama KNK Persada XV asal Pontianak, Kalimantan Barat.

"Kapal itu terhempas dan kandas di pinggir pantai ketika hendak merapat atau sandar di Pelabuhan Pangandaran Bojongsalawe," kata Heri, Jumat (20/8/2021).

Pada saat kapal mau sandar ke dermaga, kondisi alun dan angin cukup tinggi sehingga memutuskan tali pengikat antara kapal dengan tongkang terputus.

"Setelah tali terputus kapal tongkang terbawa hanyut oleh gelombang ke pinggir pantai tidak jauh dari pelabuhan," tambah Heri.

Baca Juga : Anak-Anak Menemukan Mayat Saat Main di Sungai

Kapal tongkang itu rencananya akan beroperasi di perairan Pangandaran dengan rute dari Pelabuhan di Bojongsalawe ke pantai barat Pangandaran.

"Prakiraan cuaca yang dikeluarkan oleh BMKG pada saat kapal tongkang hendak manuver merapat ke dermaga pelabuhan tinggi gelombang mencapai 2,5 sampai 4,0 meter," jelasnya.

Untuk kondisi sinoptik perairan dan Samudera Hindia selatan Jawa Barat, Jawa Tengah dan DIY pada umumnya berpotensi hujan ringan.

"Sedangkan angin pada umumnya bertiup dari arah Timur Laut hingga Tenggara dengan kecepatan berkisar antara 4 sampai 25 knot dengan tinggi gelombang laut berkisar antara 1 sampai 4,0 meter," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini