Share

Antrean 3 Km Sempat Terjadi di Pelabuhan Ketapang Imbas Kapal Feri Kandas

Avirista Midaada, Okezone · Senin 26 Desember 2022 23:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 26 519 2734716 antrean-3-km-sempat-terjadi-di-pelabuhan-ketapang-imbas-kapal-feri-kandas-rUNVjAtj0u.jpg Antrean di Pelabuhan Ketapang. (Foto: Dok ASDP Ketapang Banyuwangi)

BANYUWANGI - Kandasnya kapal feri di Pelabuhan penyeberangan Gilimanuk Bali berimbas kemacetan panjang di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi. Antrean kendaraan sempat terjadi di jalur masuk hingga parkiran pelabuhan, pada Senin (26/12/2022).

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Tanjungwangi, Banyuwangi, AKP Ali Masduki mengakui antrean sepanjang tiga kilometer terjadi hingga area luar pelabuhan lantaran adanya kapal KMP Pancar Indah yang kandas di Pelabuhan Gilimanuk Bali. Hal ini berakibat tersendatnya proses bongkar muat kendaraan di LCM Gilimanuk, Bali. 

"Jadi itu antrean masuk kapal. Kendala terjadi karena kapal Pancar (KMP Pancar Indah) kandas. Sehingga menutup akses sandar kapal lain ke dermaga," kata Ali, saat dikonfirmasi pada Senin malam.

Beruntung kapal feri itu berhasil dievakuasi sehingga perlahan-lahan antrean mulai terurai sejak Senin sore pukul 16.00 WIB. Hingga kini aktivitas penyeberangan di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi dipastikan mulai normal di masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang bersamaan dengan libur sekolah.

Baca juga:  Pulang Sekolah, 14 Anak Meninggal Usai Kapal Feri Tenggelam di Sungai Mekong

"Sekitar pukul 16.00 WIB sudah terurai sampai saat ini," tegasnya. 

Meski telah kembali normal dan lancar, pihak masih menyiagakan petugas di sekitar Pelabuhan Ketapang untuk mengantisipasi adanya kejadian serupa. Bila ada antrean mengular hingga ke luar area pelabuhan, Ali menjelaskan telah menyiapkan skema rekayasa lalu lintas (lalin). 

Pengendara kendaraan yang akan menuju pelabuhan dialihkan ke wilayah utara pelabuhan atau via Surabaya. Sementara dari selatan, diarahkan ke jalan lingkar. 

"Sehingga tidak terjadi kemacetan di depan Pelabuhan. Kita berusaha maksimal agar jalur utama tidak terganggu," terangnya.

Saat ini, kata Ali, juga diberlakukan optimalisasi chek point dan buffer zone di wilayah Terminal Sritanjung. Dia juga mengimbau kepada pengendara agar membeli tiket di wilayah tersebut. 

"Kita upaya check poin di terminal dan upaya pemenuhan kantong parkir semua melewati sana. Pengendara kita minta harus bertiket saat masuk ke Pelabuhan. Agar tidak menjadi kendala dalam masuk dermaga," tambahnya. 

Follow Berita Okezone di Google News

Dia mengaku adanya keterbatasan areal parkir di Pelabuhan ASDP Ketapang. Sebab kapasitas kantong parkir di Pelabuhan hanya mencapai 1000 kendaraan.  "Jadi tidak memungkinkan. Estimasi kantong itu kurang lebih 1.000 kendaraan," pungkasnya. 

Sebagai informasi, masa Nataru dan libur sekolah membuat arus lalin di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi mengalami lonjakan. Hal ini diperparah dengan peristiwa kandasnya kapal di Pelabuhan Gilimanuk Bali yang membuat arus lalin mengular hingga 3 kilometer ke jalur masuk pelabuhan.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini