Share

Biden Tegaskan Akan Pulangkan Semua Warga AS dari Afghanistan

Agregasi VOA, · Sabtu 21 Agustus 2021 07:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 21 18 2458804 biden-tegaskan-akan-pulangkan-semua-warga-as-dari-afghanistan-dg4pK2pApc.jpg Presiden AS Joe Biden (Foto: Reuters)

WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden pada Jumat (20/8) mengulangi kembali janjinya bahwa AS akan bertahan di Afghanistan sampai semua warga Amerika yang hendak meninggalkan negara itu dan warga Afghanistan yang mempertaruhkan nyawa mereka dan bekerja untuk pemerintah Amerika selama konflik sudah dievakuasi.

“Setiap warga Amerika yang hendak pulang, kami akan memulangkan Anda. Dan jangan salah, (upaya evakuasi) ini berbahaya. Ini melibatkan risiko terhadap militer kita dan dilakukan di bawah kondisi sulit,” kata Biden yang didampingi Wapres Kamala Harris dan Menlu Antony Blinken di Gedung Putih.

Biden juga mengatakan, pemerintahannya akan melakukan segala-galanya untuk secara aman mengevakuasi “sekutu, mitra, Afghanistan kami serta warga Afghanistan yang menjadi sasaran.”

Biden selanjutnya mengatakan, militer AS telah mengevakuasi 5700 orang dari bandara internasional Hamid Karzai di Kabul pada Kamis, dan 13 ribu sejak 14 Agustus. Dia mengatakan, 18 ribu orang telah dievakuasi sejak akhir Juli.

(Baca juga: 1 Diplomat RI Kurang Sehat Usai Dievakuasi dari Afghanistan)

Biden juga mengatakan, pasukan AS juga keluar dari gerbang bandara di Kabul dan menjemput 169 warga Amerika. Dia mencatat pemerintahannya bekerja sama dengan New York Times, Wall Street Journal, dan Washington Post untuk secara sukses mengevakuasi 204 staf mereka di sana.

Biden mengatakan pemerintahannya terus berhubungan dengan Taliban untuk memastikan evakuasi berjalan dengan aman, serta juga menerbitkan peringatan.

“Kami menjelaskan kepada Taliban, setiap serangan, terhadap pasukan kita atau gangguan terhadap operasi kita di bandara akan ditanggapi dengan balasan segera dan kuat,” ujarnya.

(Baca juga: Taliban Kuasai Afghanistan, Kurdi Khawatir AS Keluar dari Irak dan Suriah)

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini