Pria Ini Dulu Menjabat Menteri, Sekarang Jadi Pengantar Pizza

Susi Susanti, Okezone · Kamis 26 Agustus 2021 08:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 26 18 2461295 pria-ini-dulu-menjabat-menteri-afghanistan-sekarang-jadi-pengantar-pizza-wxjaEUmkrv.jpg Pria ini dulu menjabat sebagai menteri di Afghanistan, sekarang menjadi pengantar pizza (Foto: Twitter)

JERMAN - Mantan menteri informasi Afghanistan Syed Ahmad Shah Saadat, baru-baru ini terlihat naik sepeda sembari mengantar pizza di Jerman.

Setahun setelah dia meninggalkan kantor, Saadat kini dilaporkan mengambil pekerjaan sebagai sopir untuk layanan pengiriman pizza di Leipzig. Pekerjaan terbarunya ini tertangkap kamera oleh seorang jurnalis lokal.

Foto-foto Saadat, yang memperlihatkan dirinya mengenakan pakaian berwarna oranye dengan tas tergantung di punggungnya, menjadi viral di media sosial pada Rabu (25/8). Beberapa gambar yang diposting oleh Al Jazeera Arabia dan media lokal lainnya menunjukkan Syed Ahmad Shah mengantarkan pizza dengan sepedanya di Leipzig, Jerman.

Seorang jurnalis Jerman mengaku telah melihat Saadat di jalan-jalan saat sedang mengantarkan pizza dengan sepeda.

(Baca juga: Menlu AS: Taliban Komitmen Evakuasi Lewati Tenggat Waktu 31 Agustus)

"Beberapa hari yang lalu, saya bertemu dengan seorang pria yang mengaku sebagai menteri komunikasi Afghanistan selama dua tahun lalu. Saya bertanya apa yang dia lakukan di Leipzig. Lalu dia menjawab dirinya menyediakan layanan pengiriman makanan di Jerman,” cuit jurnalis itu.

Saadat dilaporkan berbicara dengan Sky News Arabia dan mengkonfirmasi bahwa foto-foto yang beredar di media sosial adalah miliknya.

Saadat diketahui telah bergabung dengan pemerintah Afghanistan yang dipimpin Ashraf Ghani sebagai menteri kabinet pada 2018. Dia telah menjabat selama dua tahun sebagai menteri informasi dan teknologi Afghanistan dan kemudian mengundurkan diri pada 2020. Dia kemudian dilaporkan tiba di Jerman pada Desember tahun lalu.

(Baca juga: Menlu AS: Taliban Komitmen Evakuasi Lewati Tenggat Waktu 31 Agustus)

Hindustan Times melaporkan Saadat juga memegang dua gelar master dalam komunikasi dan teknik elektronik dari Universitas Oxford.

Foto-foto Saadat beredar di saat Afghanistan sedang mengalami salah satu krisis terburuknya. Kekacauan telah melanda Afghanistan sejak Taliban menguasai negara itu seminggu yang lalu.

(Baca juga: China Masukkan Ideologi Politik Presiden ke Kurikulum Sekolah)

Ketika ditanya tentang perkembangan di Afghanistan, Saadat mengatakan kepada media, jika jtuhnya pemerintahan Ashraf Ghani begitu cepat dan tidak diharapkan.

(sst)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini