40 Tahun Universitas Gunadarma Berdiri dan Sederet Prestasi yang Menyertai

Karina Asta Widara , Okezone · Rabu 15 September 2021 12:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 15 1 2471663 40-tahun-universitas-gunadarma-berdiri-dan-sederet-prestasi-yang-menyertai-VWwKRlBLGR.jpg Foto : Dok Universitas Gunadarma

Terhitung, genap 40 tahun sudah Universitas Gunadarma berdiri dan turut berkontribusi dalam mencetak para sarjana yang tersebar di berbagai sektor dan bidang yang turut mendukung pembangunan dan kemajuan banga Indonesia. Sejarah Universitas Gunadarma bermula pada tanggal 7 Agustus 1981, tepatnya di Ibukota Indonesia, Jakarta.

Pada awalnya, Universitas Gunadarma bernama Program Pendidikan Ilmu Komputer (PPIK) yang kemudian berubah menjadi Akademi Sains dan Komputer Indonesia (ASKI), 1 dari 4 Perguruan Tinggi Komputer yang berbasis di Jakarta. Adapun keempat PT Komputer tersebut adalah Akademi Teknik Komputer (ATK), Akademi Sains dan Komputer Indonesia (ASKI), Akademi Komputer Budi Luhur (AKBL) serta Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer (STIK).

Berselang 3 tahun kemudian, tepatnya pada 10 Juli 1984, Akademi Sains dan Komputer Indonesia (ASKI) secara resmi berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Komputer Gunadarma (STKG) berdasarkan Surat Keputusan Yayasan Pendidikan Gunadarma.

Bahkan berselah 1 tahun kemudian tepatnya pada 5 Oktober 1985, STKG kembali berubah nama secara kelembagaan menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Gunadarma (STMIK Gunadarma).

Perkembangan STMIK Gunadarma terus melaju semakin pesat, status STMIK Gunadarma yang awalnya adalah “TERDAFTAR”, kemudian beralih status menjadi “DIAKUI” tepat pada 4 Januari 1988. Tak lama kemudian, statusnya kembali dinaikkan menjadi “Disamakan” berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 1989.

Pemgembangan program masih terus dilakukan hingga setahun kemudian, lahirlah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gunadarma (STIE Gunadarma). Peletakan batu pertama pembangunan kampus dilakukan di Depok, setelah sebelumnya kegiatan pendidikan hanya terpusat di Jakarta.

Seiring dengan terus berjalannya waktu, tepat pada 3 April 1996, Gunadarma berhasil mencapai taraf lembaga pendidikan yang paling tinggi. Berdasarkan SK Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi pada tahun 1996, Gunadarma berhasil diresmikan menjadi sebuah Universitas bernama Universitas Gunadarma yang memiliki 6 Fakultas.

Adapun ke-enam fakultas tersebut terdiri dari Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Ekonomi, Fakultas Psikologi, Fakultas Sastra, Fakultas Teknologi Industri serta Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan. Adapun total ke-enam fakultas dan beberapa program studinya tersebut tersebar di beberapa wilayah dimana kampus Universitas Gunadarma juga berlokasi di tempat tersebut.

Beberapa diantaranya, yakni Kampus A Kenari yang berlokasi di Jakarta Pusat, Kampus Kampus B yang terletak di daerah Salemba, Kampus D yang berada di Depok, Kampus J yang terletak di Kalimalang Bekasi, Kampus L di Cengkareng, serta Kampus K yang berada di Karawaci.

Hal tersebut menjadi keunikan tersendiri bagi kampus Gunadarma, karena hal tersebut justru membuat raihan dan prestasi Gunadarma semakin tampak dan mudah dikenali.

Tepat pada bulan Agustus 2021, terhitung sejak 7 Agustus 1981 ketika Universitas Gunadarma berdiri, maka Universitas Gunadarma telah genap berusia 40 tahun. Sebuah waktu yang cukuplah lama dan panjang untuk sebuah kampus yang terus berupaya memberikan akses dan kualitas pendidikan yang baik untuk mencetak para lulusan yang akan mengabdi pada pembangunan dan kemajuan bangsa di berbagai sektor.

Membincang soal prestasi Universitas Gunadarma tentu akan sangat menarik, ditengah momentum peringatan 40 tahun berdirinya Universitas Gunadarma. Agar kita mengingat kembali lebih jelas mengenai sepak terjang kampus ini dalam upaya besarnya mencetak para sarjana yang berkompeten di bidang keilmuan dan juga teknologi informasi di tengah era digital.

Adapun bila prestasi yang diraih Universitas Gunadarma bisa dimulai dari keberhasilan para mahasiswanya yang lolos ke program Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 bidang pada tahun 2021, tak tanggung-tanggung dengan meloloskan 3 kelompok penelitian sekaligus. Selain itu, masih ada juga prestasi kelolosan mahasiswa gunadarma di program Kegiatan Berwirausaha Mahasiswa Indonesia (KBMI) 2021 dengan judul Mojimobi Tanakom.

Tak hanya di kancah nasional, di level Internasional, kampus ini berhasil meraih prestasi mentereng pada bidang olahraga catur. Universitas Gunadarma melalui delegasi mahasiswanya berhasil meraih peringkat akhir ke-5 pada gelaran kompetisi Kasparov Chess Foundation University Cup Online 2021.

Tak cukup sampai di situ, pada gelaran ajang prestisius lainnya, yakni Asean-India Hackathon 2021, Universitas Gunadarma yang turut menyertakan delegasi terbaiknya dari 6 Mahasiswa dan 2 dosen atas nama Tim 42 berhasil menyabet peringkat 1.

Prestasi tersebut turut mengukuhkan Universitas Gunadarma sebagai kampus yang tak hanya banyak menyabet gelar di kancah nasional, bahkan juga di level Internasional.

Sedangkan beberapa prestasi Gunadarma lainnya yakni raihan medali emas, medali perak dan medali perunggu pada ajang Olimpiade Sains Mahasiswa 2020.

Serta juara ke-3 pada ajang desain poster FIKFAIR 2020 yang digelar oleh Kampus UPN Veteran Jakarta, serta peringkat ke-14 dari total 171 perguruan tinggi se-Indonesia pada ajang Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (GEMASTIK) 2020.

Seiring dengan perkembangan yang terus terjadi dalam beberapa tahun ke depan, Universitas Gunadarma akan terus mencetak prestasi membanggakan di tingkat nasional dan juga Internasional. Selamat Hari Jadi yang ke-40,Universitas Gunadarma! (CM)

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini