Pemerintah Genjot Potensi Desa Pulihkan Ekonomi Nasional

Heri Purnomo, iNews · Sabtu 18 September 2021 22:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 18 512 2473465 pemerintah-genjot-potensi-desa-pulihkan-ekonomi-nasional-rzK97iOXsu.jpg Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar (Foto: Heri Purnomo)

BLORA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia Abdul Halim Iskandar mengatakan, tak perlu jauh-jauh ke Texas di Blora, Jawa Tengah banyak sekali eksplorasi pengolahan minyak mentah.

Hal ini diungkapkan Mentri saat berkunjung ke desa Nglobo, Kecamatan Jiken Kabupaten Blora, Sabtu (18/9/2021).

"Yang unik di sini kayu jatinya, air panasnya, sumur angguk. Jadi tak perlu jauh jauh ke Texas, untuk melihat eksplorasi minyak mentah, di Blora banyak sekali sumur angguk yang tak kalah canggihnya," kata Menteri Desa Abdul Halim Iskandar.

Baca Juga:  Kasus Aktif Covid-19 di Jakarta Turun Jadi 2.908

Dirinya meninjau berbagai potensi pengembangana Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan BUMDes Bersama daerah tersebut. "Untuk pemulihan ekonomi nasional level desa, yang pertama kita genjot adalah BUMDes dan BUMDes Bersama," ujarnya.

Salah satu BUMDes yang disambangi adalah BUMDes Maju Mapan, Desa Bangsri, Kecamatan Jepon. BUMDes tersebut mengelola berbagai jenis usaha, di antaranya ada konveksi dan ternak lele dengan omzet Rp30 juta per bulan.

"Jadi di bawah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) atau BUMdes Bersama, ini desa bisa memiliki kekuatan hukum yang bagus untuk mengelola, termasuk pengelolaan hutan sosial. Mengelola hasil tambang juga bisa, atau minyak mentah bisa dikonsulidasikan melalui rembuk desa," ujarnya.

Pihaknya melarang potensi yang berhubungan dengan aset desa dikelola oleh pihak swasta. Kalau pun dikelola swasta, harus bekerja sama dan berkoordinasi dengan BUMDes atau BUMDes Bersama, katanya.

Baca Juga:  4 Fakta Indonesia Produksi Kapal Perang Inggris, Intip Kecanggihannya

Saat di Desa Nglobo, Abdul Halim disuguhkan nasi pecel daun jati dalam nuansa alam, Dirinya mengatakan, adanya suasana baru, pihaknya terus genjot wisata desa sebagai solusi untuk percepatan pemulihan ekonomi Nasional paska Covid-19.

Mencicipi nasi pecel khas Blora dengan daun jati Mentri Desa mengatakan rasanya enak mak nyus. Sebelumnya, Mendes berkunjung ke Pos Pelayanan Teknologi Desa (Posyantekdes) didesa Nglobo yang mendapatkan peringkat tiga besar tingkat Nasional kategori kelembagaan Posyantekdes serta penerapan teknologi tepat guna (TTG) dengan memanfaatkan potensi desa.

Desa lainnya yang dikunjungi, ini yakni Kampung Literasi Sedulur Sikep Desa Sambongrejo, Kecamatan Sambong yang memiliki potensi sebagai desa wisata adat. Ia juga menyambangi Pondok Pesantren Khozinatul Ulum Kaliwangan Blora.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini