'Rumah Ajaib' Ini Lolos dari Amukan Lava Letusan Gunung Berapi di Spanyol

Agregasi BBC Indonesia, · Selasa 28 September 2021 18:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 28 18 2478242 rumah-ajaib-ini-lolos-dari-amukan-lava-letusan-gunung-berapi-di-spanyol-t2YjydSOGM.jpg Sebuah rumah dijuluki rumah ajaib karena lolos dari lava letusan Gunung Berapi Cumbre Vieja di La Palma, Spanyol. (Foto: Alfonso Escalero)

LA PALMA - Foto dramatis menggambarkan sebuah rumah di Kepulauan Canary, Spanyol, yang lolos dari aliran lava dari gunung berapi yang meletus.

Pengguna media sosial kemudian menjuluki rumah tersebut sebagai "rumah ajaib".

Aliran lava gunung berapi di La Palma, Kepulauan Canary, meletus sejak Minggu (19/9/2021), meluluhlantakkan 200 rumah yang dilaluinya. Sementara, sebanyak 6.000 orang dievakuasi.

BACA JUGA: Gunung Berapi di Spanyol Meletus, Lava Mengalir ke Sungai Menuju 2 Desa 

Lava dari gunung berapi Cumbre Vieja masih mengalir dan para ilmuwan tidak yakin berapa lama letusan akan berlangsung.

Foto yang diambil oleh fotografer Alfonso Escalero menunjukkan rumah yang dikelilingi oleh aliran lava dari gunung berapi Cumbre Vieja.

Rumah itu dimiliki oleh pasangan pensiunan Denmark, Inge dan Ranier Cocq, yang tak pernah menempati rumah itu sejak pandemi mulai, menurut laporan El Mundo.

BACA JUGA: Awan Belerang Letusan Gunung Berapi Spanyol Picu Hujan Asam di Prancis

Ada Monnikendam, yang membangun rumah tersebut bersama suaminya, mengungkapan bahwa ia telah berbicara dengan pasangan Denmark tersebut yang berkata padanya: "Meskipun kami tak bisa pergi ke sana sekarang, kami lega karena rumah itu masih berdiri".

Menurut Monnikemndam, pasangan itu memiliki teman-teman di area tempat tinggalnya yang kehilangan harta benda yang diterjang lava gunung berapi.

Lava telah meluluhlantakkan rumah, sekolah dan beberapa perkebunan pisang.

"Mereka tidak mau berbicara pada siapapun karena mereka tak berhenti menanggis," tutur Monnikendam.

Bercermin pada foto mencekam itu, Monnikendam berujar bahwa "sedih melihat rumah itu di sana sendirian tanpa ada yang bisa merawatnya".

Pejabat setembat berkata bahwa aliran lava bisa memicu reaksi kimia yang bisa menyebabkan ledakan dan mengeluarkan gas beracun jika mencapai ke laut.

Betapapun, pada Kamis (23/9/2021), para pakar mengatakan bahwa saat ini lava mengalir "sangat lambat". Namun belum jelas apakah alirannya akan mencapai laut.

Pemerintah Kepulauan Canary telah mengumumkan rencana untuk menyediakan perumahan bagi mereka yang kehilangan tempat tinggal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini