Banjir 1 Meter Rendam Kota Padang, Puluhan Keluarga Mengungsi

Rus Akbar, Okezone · Kamis 30 September 2021 01:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 30 340 2478976 banjir-1-meter-rendam-kota-padang-puluhan-keluarga-mengungsi-e5phUmcBRh.jpg Puluhan keluarga mengungsi imbas banjir dengan ketinggian air 1 meter rendam Padang. (Rus Akbar)

PADANG - Naira bocah tiga tahun hanya bermain-main golek-golek di atas permadani milik Masjid Raya Ganting, Kota Padang. Naira ditemani bapak dan ibunya yang ikut mengungsi di masjid tersebut setelah rumah mereka terendam banjir satu meter.

Naira dan bocah lain berlarian-larian dalam Masjid Raya Ganting yang merupakan salah satu masjid tertua di Kota Padang ini. Ada puluhan orang mengungsi di masjid tersebut. Mereka tampak seperti berkelompok, yakni satu keluarga satu kelompok.

“Yang bisa saya selamatkan itu hanya tv dan kulkas berupa barang elektronik saya meletakkan di tempat yang tinggi, sementara pakaian, tempat tidur dan peralatan dan makanan dibiarkan mengapung,” tutur Ardi Salmon (34), ayah Naira yang ikut mengungsi, Rabu (29/9/2021).

Ardi yang kerja serabutan ini tinggal di RT 02 RW 10, Kelurahan Ganting Parak Gadang, Kecamatan Padang Timur ini mengungsi sejak pukul 21.00 WIB. “Banjir mulai menggenangi rumah sejak pukul 20.00 WIB, kami kira banjir itu surut secepatnya, namun malah makin parah, terakhirnya sedalam satu meter masuk air ke rumah,” tuturnya pada MNC Portal Indonesia.

Melihat kondisi tersebut dia bersama warga lain yang parah mengungsi ke Masjid Raya Ganting di tempat yang lebih tinggi. “Kalau air sudah surut mungkin saya akan kembali menyelamatkan barang-barang yang bisa dipakai,” katanya.

Baca Juga : Hujan Deras, Kampung Cebolok Semarang Terendam Banjir

Banjir tidak hanya melanda di RT 02 saja tetangga juga dilanda yang sama mulai dari RT 01, RT 02, RT 03 dan RT 05 juga diterjang banjir.

Ketua RT 01 Andrizon Effendi mengatakan ada 97 kepala keluarga di tempatnya setengah KK tersebut diungsikan di Masjid Raya Ganting, selebihnya memilih bertahan di rumah.

“Kita sudah menyampaikan kejadian ini kepada lurah, hasil koordinasi kita rencana akan membuat dapur umum untuk warga mengungsi,” tuturnya.

Andrizon menyampaikan kejadian ini kepada tim BPBD untuk membantu warga mengungsi berupa perahu karet. Namun, sampai malam ini belum ada yang datang.

“Yang datang baru Satpol PP Padang untuk membantu warga mengungsi,” ucapnya.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua RT 02/RW 10, Donny Kurniawan ada 50 kepala keluarga di tempatnya semuanya sudah diungsikan ke tempat yang lebih aman. “Ada yang di dalam masjid ada juga di rumah saudara mereka yang lebih tinggi,” ujarnya.

Dari pantauan MNC Portal Indonesia, meski ada yang mengungsi beberapa warga bertahan di rumah untuk menyelamatkan barang-barangnya, sebagian lagi karena rumah panggung sehingga warga bertahan di rumah. Banjir disebabkan akibat luapan air sungai di kawasan tersebut ditambah pasang naik dari laut menambah terjadinya banjir.

Berdasarkan data BPBD Padang terdapat 12 titik banjir dan genangan air. Di sejumlah lokasi, ketinggian air mencapai 1 meter.

Salah satu lokasi yang terendam banjir dengan ketinggian air sekitar 1 meter itu yakni Komplek Pondok Citra Lubuk Buaya. Kondisi serupa juga terjadi di Koto Baru, Banuaran.

Sedangkan kejadian pohon tumbang terjadi di tujuh lokasi. Pohon tumbang di beberapa lokasi sudah dibersihkan petugas namun sisanya belum selesai ditangani.

Berikut sebaran titik banjir di Padang pada Rabu (29/9/2021):

1. Perumahan Jundul Rawang, Kelurahan Rawang, Padang Selatan ketinggian Air ±90 cm

2. Jalan Perdana, depan TVRI, Air Pacah, Koto Tangah ketinggian Air ±30 cm

3. Perumahan Gria Kubu Tama, Tabing Banda Gadang, Nanggalo ketinggian Air ±60 cm

4. Komplek Pondok Citra Lubuk Buaya Ketinggian Air ±100 cm

5. Alang Laweh RT 08 RW 02 ketinggian Air ±90 cm

6. Jundul Rawang dekat rumah makan Rajo-rajo, 3 rumah terjebak, ketinggian Air 50 cm

7. Parak Gadang Timur ketinggian Air ±30 cm

8. Koto Baru Banuaran, 8 rumah terdampak ketinggian Air ±100 cm

9. Perumahan Jala, Pampangan, ketinggian Air ±100 cm

10. Jalan Komplek Arai Pinang, ketinggian Air ±60 cm

11. Parak Sigoro RT.003 RW 005, Seberang Padang, ketinggian Air ±60 cm

12. Ganting Parak Gadang, di belakang Masjid Raya Ganting, ketinggian Air ±30 cm

Lokasi Pohon Tumbang:

1. RT02 RW02 Kampung Batu, Batang Arau (dekat SD Tirtonadi)

2. Jalan By Pass, Simpang RSUD dr. Rasidin Padang

3. Jalan Atap Genteng, Indarung

4. Jalan Kemerdekaan depan RSUP M Djamil

5. TPU Tunggul Hitam

6. Di depan SMP 6 Ampalu, Pegambiran. Pohon menimpa kabel listrik.

7. Tanjuang Aur X

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini