Share

Cara Membuat Kiswah Kakbah Dipertunjukkan di Pameran Buku Riyadh

Agregasi Sindonews.com, · Minggu 03 Oktober 2021 21:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 03 18 2480696 cara-membuat-kiswah-kakbah-dipertunjukkan-di-pameran-buku-riyadh-U76Uxl72R0.jpg Petugas menunjukkan cara menjahit kain Kiswah Kakbah di pameran buku Riyadh (Foto: Ist)

JAKARTA - Kain Kiswah merupakan kain penutup Kakbah. Di mana, memiliki simbol penghormatan terhadap Bait ul Haram. Dalam pameran Buku Internasional Riyadh (Riyadh International Book Fair/RIBF) diperlihatkan cara membuat kain kiswah tersebut.

Saat meninjau pameran, Menteri Media Arab Saudi Majid Al Qasabi menanyakan cara menjahit benang di kain untuk dijadikan Kiswah. Kemudian, para petugas memperlihatkan cara menjahit tulisan di atas kain menggunakan benang emas.

Baca Juga: 7 Lembar Kiswah Kakbah Mau Diselundupkan, Ini Sejarah Keberadaanya

Di video yang dilihat, para petugas dengan piawai menyulam benang emas di atas kain berwarna hitam itu. Sulamannya terlihat rapih.

Kain Kiswah diketahui terbuat dari 670 kilogram sutra berkualitas tinggi, 120 kilogram benang emas, dan 100 kilogram benang perak. Pada 2021, Kiswah diganti sebelum pelaksanaan puncak haji Juli lalu.

Sekitar 200 perajin Saudi dilibatkan dalam pembuatan tirai hitam di Kompleks Produksi Kiswah Kakbah Raja Abd. Sementara pameran Buku Internasional Riyadh digelar setiap tahun, di mana Otoritas Sastra Penerbitan dan Penerjamahan akan menyediakan layanan pemesanan buku secara online bagi warga dari luar negeri. Selain itu, juga menyediakan pameran secara virtual.

Sedangkan pameran buku tahun digelar pada 1 sampai 10 Oktober 2021 di Riyadh Front Expo. Baca Juga: Penggantian Kain Kiswah Penutup Kakbah Dimulai Rabu Malam Ini

Baca Juga: BuddyKu Festival, Generasi Muda Wajib Hadir

Follow Berita Okezone di Google News

(Ari)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini