Penumpang Tarik Tuas Pintu Darurat, Pesawat Wings Air Putar Balik ke Bandara Lombok

edy gustan, Koran SI · Selasa 12 Oktober 2021 20:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 12 340 2485328 penumpang-tarik-tuas-pintu-darurat-pesawat-wings-air-putar-balik-ke-bandara-lombok-4I5ajkc3xK.jpg Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

LOMBOK TENGAH - Pesawat Wings Air IW1878 LOP-BMU (Lombok – Bima) kembali mendarat lantaran masalah pada tekanan udara pesawat. Seorang perempuan mengunggah di akun Facebook-nya bahwa peristiwa itu diduga atas kelakuan salah satu penumpang pesawat yang menarik tuas pintu darurat pesawat. 

Pemilik akun Facebook bernama Dewi Ratna Muchlisa melakukan siaran langsung dari Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid (Bizam), Selasa (12/10/2021).

“Hari ini gagal berangkat ke Bima gara-gara ada kesalahan fatal yang dilakukan salah satu penumpang katanya, setelah take off sekitar 7 menit tekanan udara katanya bocor wallahualam, ada penumpang di pintu depan di dekat pintu darurat memegang tuas, sehingga pintunya terbuka, jadi ada celah, sehingga pesawatnya enggak bisa terbang,” ujar pemilik akun Dewi Ratna Muchlisa.

Dalam video tersebut Dewi juga mengimbau agat tidak sembarangan memegang pintu pesawat yang mengakibatkan gagal terbang. Dalam video tersebut, Dewi juga terdengar sedang berbicara dengan laki-laki terkait peristiwa itu.

Dewi bahkan menceritakan bagaimana situasi di dalam pesawat yang sedang terbang. “Itu tadi kayaknya pramugarinya mau nangis tadi, merah matanya,” ujar Dewi. 

Hanya saja, dia mengaku tidak melihat jelas siapa penumpang yang dimaksud diduga memegang handel pintu darurat. “Enggak lihat yang mana itu tapi enggak kelihatan kayaknya perempuan, enggak jelas tadi,” ujarnya.

Baca juga: Penumpang Buka Jendela Darurat Pesawat, Penerbangan Kualanamu-Gunung Sitoli Ditunda

Dia sangat menyayangkan peristiwa tersebut lantaran sejumlah penumpang gagal berangkat ke Bima. Terlebih menurutnya pesawat sempat delay selama satu jam.

Video tersebut mendapat 28 komentar dan 51 like. Sejumlah rekan Dewi mengucapkan syukur jika seluruh penumpang pesawat selamat. 

General affair and communicatioan Bizam Arif Haryanto mengatakan bahwa pihak maskapai menginformasikan bahwa pilot memutuskan untuk kembali ke bandara asal karena adanya permasalahan pada tekanan udara pesawat. Dia menjelaskan, pesawat dengan type ATR72 itu berpenumpang 62 orang.

Penumpang pesawat dengan nomor penerbangan  IW1878 dan kode Registrasi PK WJU Rute: LOP-BMU itu turun menuju ruang tunggu Bandara pada pukul 16:47 Wita. Pesawat Wings air itu dipiloti Bharoto Wibowo.

Dikatakan, Pihak Wings Air memutuskan untuk menunda penerbangan. Selanjutnya calon penumpang akan diberangkatkan besok pagi 13 Oktober 2021 pukul 11.00 WITA. 

Sebanyak 51 (lima puluh satu) orang calon penumpang diinapkan Hotel JM Kuta Lombok, dan 11 (sebelas) orang calon penumpang menginap di rumah masing masing diberi uang transport Rp150 ribu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini