Pedang Tentara Salib Berusia 900 Tahun Ditemukan di Lepas Pantai Israel

Vanessa Nathania, Okezone · Selasa 19 Oktober 2021 18:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 19 18 2488725 pedang-tentara-salib-berusia-900-tahun-ditemukan-di-lepas-pantai-israel-tHZbYdmQfQ.jpg Setelah dibersihkan, pedang berusia sekira 900 tahun ini akan dipamerkan ke publik. (Foto: Reuters)

TEL AVIV - Sebuah pedang diyakini milik seorang ksatria tentara salib sekira 900 tahun yang lalu telah ditemukan oleh seorang penyelam amatir di lepas pantai utara Israel. Pedang sepanjang satu meter itu ditemukan oleh Shlomi Katzin dan diserahkan kepada pihak berwenang.

Benda yang tertutup organisme laut itu diduga muncul kembali ke permukaan setelah pergeseran pasir.

Otoritas Barang Antik Israel (IAA) mengatakan bahwa setelah dibersihkan dan dianalisis, pedang itu akan dipajang di depan umum.

BACA JUGA: Arkeolog Temukan Monumen Berusia 2.400 Tahun

"Pedang, yang telah diawetkan dalam kondisi sempurna, adalah penemuan yang indah dan langka dan jelas milik seorang ksatria tentara salib," kata Inspektur Unit Pencegahan Perampokan IAA, Nir Distelfeld sebagaimana dilansir BBC.

"Sangat menyenangkan untuk menemukan objek pribadi seperti itu, membawa Anda kembali ke 900 tahun yang lalu, ke era yang berbeda, dengan ksatria, baju besi, dan pedang."

Kobi Sharvit, yang mengepalai Unit Arkeologi Kelautan IAA, mengatakan bahwa Pantai Carmel, tempat pedang itu ditemukan, menyediakan tempat berlindung bagi kapal saat menghadapi badai selama berabad-abad aktivitas pelayaran di sepanjang pantai.

BACA JUGA: Ribuan Tulang Belulang Hewan dan Manusia Ditemukan di Gua Bawah Tanah Arab Saudi

"Kondisi ini telah menarik kapal dagang selama berabad-abad, dan meninggalkan temuan arkeologis yang kaya," katanya.

Tentara Salib bertempur dalam serangkaian perang agama yang dikenal sebagai Perang Salib, yang disetujui oleh Gereja Katolik Roma pada periode abad pertengahan.

Perang Salib yang paling terkenal adalah kampanye di Mediterania timur yang bertujuan untuk merebut kembali Tanah Suci dari kekuasaan Muslim.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini