Ini 5 Negara yang Melakukan Uji Coba Rudal Berkapabilitas Nuklir

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Kamis 21 Oktober 2021 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 20 18 2489181 ini-5-negara-yang-melakukan-uji-coba-rudal-berkapabilitas-nuklir-9LmnPUQqwo.jpg Ilustrasi. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Kepemilikan senjata nuklir dinilai menjadi simbol kekuatan negara. Oleh karena itu, tak jarang negara berlomba untuk menciptakan senjata yang memiliki kemampuan nuklir. Berikut negara yang telah melakukan uji coba rudal dengan kapabilitas nuklir:

BACA JUGA: Rusia Sukses Uji Coba Zirkon, Rudal Hipersonik dengan 8 Kali Kecepatan Suara

1. India (Desember 2016)

India berhasil melakukan uji coba rudal nuklir. Ini merupakan kesuksesan India dalam melakukan uji coba Agni V keempat, yang merupakan rudal balistik antar benua atau biasa disebut dengan Intercontinental Ballistic Missile (ICBM). Agni V mempunyai jangkauan 5.000 kilometer serta merupakan rudal dengan jarak terpanjang dan membuat Beijing berada dalam jarak terdekatnya.

2. Israel (Desember 2019)

Israel dilaporkan menguji coba peluru kendali berkemampuan nuklir di sebuah pangkalan militer. Uji coba rudal itu merupakan bagian dari sistem tenaga penggerak roket. Lalu lintas udara di sekitar Bandara Internasional Ben-Gurion sempat dialihkan selama uji coba berlangsung. Sistem rudal tersebut mampu menempuh jarak hingga 5.000 kilometer dan membawa hulu ledak sampai 1 ton.

BACA JUGA: Korut Tembakkan Rudal Balistik di Tengah Kebuntuan Pembicaraan Nuklir

3. Pakistan (Maret 2021)

Pakistan menyatakan telah berhasil melakukan uji coba rudal balistik berkemampuan nuklir Shaheen-1A. Uji Coba tersebut dilakukan di tengah ketegangan hubungan dengan India terkait Kashmir. Senjata tersebut memiliki jangkauan 450 km dan dirancang untuk menyerang target di darat dan laut dengan presisi tinggi.

4. China (Agustus 2021)

China dilaporkan telah uji rudal hipersonik berkemampuan nuklir yang mengelilingi dunia sebelum melaju menuju targetnya. Hal ini menunjukkan kecanggihan kemampuan luar angkasa China serta mengejutkan intelijen Amerika Serikat. Rudal hipersonik tersebut dibawa oleh roket Long March pada orbit rendah.

5. Korea Utara (September 2021)

Korea Utara berhasil melakukan uji coba rudal baru jarak jauh. Ini akan menjadi senjata pertama Korea Utara dengan kemampuan nuklir. Rudal yang diujikan bisa terbang hingga sejauh 1.500 kilometer sebelum menghantam targetnya.

6. Rusia (Oktober 2021)

Rusia melakukan uji coba rudal hipersonik baru dari kapal selam. Rudal hipersonik dapat melaju lebih dari lima kali kecepatan suara dan melakukan manuver di tengah perjalanan. Hal ini membuat jauh lebih sulit dilacak dan dicegat. Rusia menembakkan rudal Zircon dari kapal selam nuklir Severodvinsk dan mencapai target uji di Laut Barents. Senjata tersebut dapat mencapai target di laut dan di darat dengan jangkauan 1.000 kilometer.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini