Ratu Elizabeth Menginap di RS Semalam, Kembali ke Istana Keesokan Harinya

Susi Susanti, Okezone · Jum'at 22 Oktober 2021 06:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 22 18 2489899 ratu-elizabeth-menginap-di-rs-semalam-kembali-ke-istana-keesokan-harinya-ZSXeDTVxgN.jpg Ratu Elizabeth II sempat menginap di RS semalam dan kembali ke Istana (Foto: PA Media)

LONDON - Menurut juru bicara Istana Buckingham Ratu Elizabeth II menghabiskan Rabu (20/10) malam di sebuah rumah sakit (RS) saat menjalani pemeriksaan awal, setelah tiba-tiba membatalkan rencana perjalanan ke Irlandia Utara minggu ini.

Raja Inggris berusia 95 tahun itu memasuki rumah sakit pada Rabu (20/10) dan kembali ke Kastil Windsor pada Kamis (21/10).

"Mengikuti saran medis untuk beristirahat selama beberapa hari, Ratu pergi ke rumah sakit pada Rabu sore untuk beberapa penyelidikan awal, kembali ke Kastil Windsor saat makan siang hari ini, dan tetap dalam semangat yang baik,” terang uru bicara Istana.

Baca juga: Ratu Elizabeth Pakai Tongkat untuk Pertama Kalinya di Acara Publik

Ratu seharusnya menghadiri kebaktian gereja di kota Armagh pada Kamis (21/10) menandai seratus tahun pemisahan dan pendirian Irlandia Utara tetapi "dengan enggan" menerima bimbingan medis untuk membatalkan perjalana.

Dia masih diharapkan menghadiri konferensi iklim COP26 di Glasgow, Skotlandia, akhir bulan ini.

Sebuah sumber dari Istana Buckingham mengatakan kepada CNN bahwa kunjungan ke rumah sakit pada awalnya tidak diumumkan karena akan menjadi kunjungan singkat, dan mencatat bahwa Ratu berhak atas privasi medis.

Baca juga: Ratu Elizabeth Dilaporkan 'Habis-habisan' Danai Pangeran Andrew Lawan Tuduhan Pelecehan Seksual

Sumber itu menjelaskan menginap semalam di rumah sakit itu untuk alasan praktis dan pendekatan hati-hati sedang diambil oleh tim medis.

Ratu kembali ke Istana pada Kamis (21/10) sore dan melakukan tugas-tugas ringan.

Dia adalah Ratu yang paling lama memerintah di dunia, memimpin negara selama hampir tujuh dekade. Awal pekan ini, Ratu menolak upaya majalah untuk memberinya gelar "Oldie of the Year," dengan mengatakan dia merasa terlalu muda di hati.

"Yang Mulia percaya Anda setua yang Anda rasakan, karena itu Ratu tidak percaya dia memenuhi kriteria yang relevan untuk dapat menerima, dan berharap Anda akan menemukan penerima yang lebih layak," bunyi surat dari asisten sekretaris pribadinya, Tom Laing-Baker, ke majalah.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini