Gus Idris Akhirnya Ditahan Terkait Kasus Hoaks

Avirista Midaada, Okezone · Sabtu 23 Oktober 2021 17:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 23 519 2490625 gus-idris-akhirnya-ditahan-terkait-kasus-hoaks-LA0WumhCMY.jpg Kejari Kabupaten Malang menahan Gus Idris (Foto: Avirista Midaada)

MALANG - Idris Al Marbawy atau Gus Idris akhirnya ditahan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Malang, Jawa Timur. Penahanan Gus Idris ini setelah pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Thoriqul Jannah, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang, ditetapkan sebagai tersangka oleh kepolisian.

Kepala Kejari Kabupaten Malang Edi Handojo membenarkan penahanan Gus Idris yang tersangkut kasus informasi hoaks. Menurutnya, penahanan Gus Idris telah dilakukan pada Kamis 21 Oktober 2021 lalu di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Lowokwaru.

"Ditahan sejak Kamis, artinya tidak boleh di rumah, asistennya ditahan juga. Penahanan ini merupakan rasa keadilan," ucap Edi ditemui awak media pada Sabtu (23/10/2021).

Baca Juga:  6 Fakta Kontroversi Gus Idris, Video Hoaks Ditembak hingga Pasangan Gancet

Edi menambahkan, bila asisten Gus Idris berinisial YF terlebih dahulu ditahan. Menyusul kemudian adalah Gus Idris yang ditahan selama 20 hari hingga berkasnya dilimpahkan ke pengadilan. "Ditahan sampai menunggu pelimpahan di pengadilan ada waktu 20 hari," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, Gus Idris dari Ponpes Thoriqul Jannah diduga tertembak saat berada di Markas Nyi Ronggeng. Adegan Gus Idris tertembak ini terekam di video live youtube di kanal pribadinya Gus Idris Official. Dari lokasi yang disebutkan di video yang dibuat pada 28 Februari 2021 berada di daerah Pacet, Kabupaten Mojokerto.

Di video berdurasi 4 menit 14 detik, tampak Gus Idris diduga mengalami tembakan oleh orang tak dikenal. Di video Gus Idris yang berjalan menuju mobil terkena dugaan tembakan hingga terkapar.

Tampak di video detik 56 terdengar suara letupan seperti suara tembakan. Tak berselang lama Gus Idrus pun terkapar dengan mengalami luka di bagian dada kanan. Tampak dada kanan Gus Idris mengeluarkan darah.

Baca Juga:  Gus Idris Jadi Tersangka Hoaks Tapi Tak Ditahan, Polisi: Dia Tulang Punggung Keluarga

Namun, selang sehari kemudian Gus Idris mengklarifikasi bahwa apa yang dialaminya adalah serangan sihir makhluk gaib yang seolah ditembakkan ke dirinya. Atas unggahan video itulah, Idris akhirnya ditetapkan sebagai tersangka oleh Polres Malang. Namun beberapa hari lalu bahkan Gus Idris membuat heboh dengan video pasangan gancet yang tengah berhubungan suami istri.

Alhasil dari video tersebut 12 ormas mengadukan Idris ke Mapolres Malang pada Rabu siang 16 September 2021 kemarin.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini