Share

Menlu RI Bahas Isu Afghanistan, Myanmar dalam Pertemuan dengan Menlu Inggris

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 11 November 2021 13:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 11 18 2500178 menlu-ri-angkat-bahas-isu-afghanistan-myanmar-dalam-pertemuan-dengan-menlu-inggris-9vTWtGiggu.jpg Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Inggris Elizabeth Truss. (Foto: Dok. Tangkapan layar)

JAKARTA – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Inggris, Elizabeth Truss pada Kamis (11/11/2021). Dalam pertemuan yang berlangsung di Kementerian Luar Negeri RI di Jakarta ini, kedua menlu membahas beberapa hal termasuk isu global dan regional.

Berbicara dalam keterangan pers usai pertemuan, Menlu Retno menyampaikan ucapan selamat kepada Inggris yang telah menjadi mitra dialog baru ASEAN. Indonesia, sebagai anggota ASEAN, menantikan kerja sama dengan Inggris untuk mengimplementasikan Pendekatan ASEAN Outlook on Indo Pacific (AOIP).

BACA JUGA: Kerja Sama Maritim, Wamenhan Dorong ASEAN Outlook on the Indo-Pacific

Menlu Retno mengatakan bahwa Indonesia dan Inggris memiliki pandangan yang sama terkait situasi di Afghanistan, mengenai pentingnya rakyat Afghanistan untuk hidup di negara yang damai, stabil, dan makmur.

“Saya menegaskan kembali komitmen Indonesia untuk melanjutkan dukungan dan kemauan kami terus berkomunikasi dengan negara-negara tentang cara terbaik untuk membantu rakyat Afghanistan,” kata Menlu Retno kepada media pada Kamis.

BACA JUGA: Inggris Kucurkan Rp7 Triliun untuk Investasi iklim ke Indonesia Selama 10 Tahun

Isu Myanmar juga diangkat dalam pertemuan ini, dimana Indonesia dan Inggris sepakat mengenai pentingnya memulihkan demokrasi sementara memastikan keselamatan rakyat Myanmar.

“Kami menegaskan kembali pentingnya penerapan Lima Poin Konsensus dan memastikan pengiriman bantuan kemanusiaan untuk rakyat Myanmar,” tegas Menlu RI.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini